Febrianti, Fanny (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MEMBIMBING ANAK PADA PEMBELAJARAN SECARA DARING. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI FANNY FEBRIANTI A1D117228 .pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (21kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (238kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (318kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (420kB) |
Abstract
Orang tua sangat berperan penting dalam hal membimbing anak terutama saat pembelajaran secara daring seperti saat ini. Peran orang tua di rumah tidak lain dan tidak bukan sebagai pengganti guru dirumah yang mana sebagai pengajar dan pelaksana pembelajaran di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua kelas rendah dalam membimbing anak pada pembelajaran secara daring di RT 09 Desa Kasang Kumpeh, Kec. Kumpeh Ulu, Kab. Muaro Jambi, Jambi. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis fenomenologi. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data pada penelitian ini adalah mengenai deskripsi tentang peran orang tua dalam membimbing anak kelas rendah pada pembelajaran secara daring. Sumber data dalam penelitian ini berupa wawancara yang dilakukan kepada orang tua siswa kelas rendah. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa orang tua membimbing anak dengan cara mendampingi anak ketika mengerjakan tugas pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru. Orang tua juga memberikan motivasi belajar pada anak berupa dorongan, kalimat pembangkit semangat, camilan kesukaan anak, dan juga pemberian reward atas kerja keras anak. Orang tua menyediakan fasilitas pembelajaran yang dapat menunjang keefektifan pembelajaran berupa smartphone dan akses internet yang memadai. Pembelajaran daring dinilai kurang efektif karena anak kesulitan untuk memahami materi pelajaran dan sulit untuk berkonsentrasi dengan baik karena guru tidak membimbing anak dan menyampaikan materi sebagaimana mestinya di sekolah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | FANNY FEBRIANTI |
Date Deposited: | 17 Mar 2021 03:04 |
Last Modified: | 17 Mar 2021 03:04 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16917 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |