PERAN ORANG TUA DALAM MEMBIMBING ANAK PADA PEMBELAJARAN SECARA DARING

Febrianti, Fanny (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MEMBIMBING ANAK PADA PEMBELAJARAN SECARA DARING. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI FANNY FEBRIANTI A1D117228 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (21kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (238kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (217kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (420kB)

Abstract

Orang tua sangat berperan penting dalam hal membimbing anak terutama saat pembelajaran secara daring seperti saat ini. Peran orang tua di rumah tidak lain dan tidak bukan sebagai pengganti guru dirumah yang mana sebagai pengajar dan pelaksana pembelajaran di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua kelas rendah dalam membimbing anak pada pembelajaran secara daring di RT 09 Desa Kasang Kumpeh, Kec. Kumpeh Ulu, Kab. Muaro Jambi, Jambi. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis fenomenologi. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data pada penelitian ini adalah mengenai deskripsi tentang peran orang tua dalam membimbing anak kelas rendah pada pembelajaran secara daring. Sumber data dalam penelitian ini berupa wawancara yang dilakukan kepada orang tua siswa kelas rendah. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa orang tua membimbing anak dengan cara mendampingi anak ketika mengerjakan tugas pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru. Orang tua juga memberikan motivasi belajar pada anak berupa dorongan, kalimat pembangkit semangat, camilan kesukaan anak, dan juga pemberian reward atas kerja keras anak. Orang tua menyediakan fasilitas pembelajaran yang dapat menunjang keefektifan pembelajaran berupa smartphone dan akses internet yang memadai. Pembelajaran daring dinilai kurang efektif karena anak kesulitan untuk memahami materi pelajaran dan sulit untuk berkonsentrasi dengan baik karena guru tidak membimbing anak dan menyampaikan materi sebagaimana mestinya di sekolah.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: FANNY FEBRIANTI
Date Deposited: 17 Mar 2021 03:04
Last Modified: 17 Mar 2021 03:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16917

Actions (login required)

View Item View Item