STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER MANDIRI SISWA SEKOLAH DASAR PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19

Kurni Kova, Diana (2021) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER MANDIRI SISWA SEKOLAH DASAR PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI DIANA KURNI KOVA FINAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
COVER REPOSITORY.pdf

Download (201kB)
[img] Text
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN REPOSITORY.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB I UPLOAD.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB V UPLOAD.pdf

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN UPLOAD.pdf

Download (310kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang dilakukan oleh guru dalam menanamkan karakter mandiri siswa pada pembelajaran daring. Penelitian ini dilakukan di SDN 47/IV Kota Jambi pada tahun ajaran 2020/2021. Dengan jenis penelitian kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa, guru wali kelas IV A dan kepala sekolah SD Negeri 47/IV Kota Jambi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan guru dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yaitu: (1) Strategi perencanaan guru telah mempersiapkan segala sesuatunya yang diperlukan dalam pembelajaran secara terorganisir mulai dari RPP, media, metode, soal-soal, absen siswa, buku catatan nilai siswa serta adanya kerja sama antara guru dan oran tua dalam menanamkan kemandirian siswa dalam pembelajaran. (2) Strategi pelaksanaan pembelajaran yang diterapkan guru yaitu dengan menggunakan berbagai macam flatform belajar sebagai media online dalam pembelajaran daring seperti WhatsApp, zoom, Youtube, sms dan telepon serta menggunakan buku tema dan alat peraga. Guru juga menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru juga selalu membiasakan siswa untuk mengerjakan tugas secara mandiri (3) Strategi evaluasi yang diterapkan guru dengan memberikan bimbingan terhadapan siswa yang sulit dalam memahami materi pelajaran. Bimbingan dilakukan guru diluar jam pelajaran dengan waktu 10-15 menit selain itu guru juga memberikan apresiasi berupa reward dalam bentuk pujian atau tepuk tangan dari tugas yang telah dikerjakan siswa. Dari penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan bahwa guru menggunakan strategi dalam menanamkan karakter mandiri kepada siswa dalam pembelajaran daring yang terdapat pada perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Diana kurni Kova
Date Deposited: 15 Mar 2021 03:49
Last Modified: 15 Mar 2021 03:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/17333

Actions (login required)

View Item View Item