Penokohan dalam Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata

Rahmania, Siti (2021) Penokohan dalam Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi Siti Rahmania-1-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
cover repositori nia-dikonversi.pdf

Download (77kB)
[img] Text
halaman pengesahn nia repositori-dikonversi.pdf

Download (774kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (104kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (38kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)

Abstract

Rahmania, Siti. 2020 “Penokohan dalam Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Hary Soedarto Harjono, M.Pd. (II) Dr. Herman Budiyono, M.Pd. Kata kunci: penokohan, novel sang pemimpi, karya Andrea Hirata Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penokohan yang terdapat dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif pendekatan deskriptif, penelitian ini berusaha menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai apa adanya yang menghasilkan kata-kata tidak berupa angka. Data yang diambil berupa pernyataan yang berbentuk kalimat atau paragraf yang berupa narasi, dialog, ataupun monolog, dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata yang diterbitkan oleh Penerbit Bentang No. ISBN 9786028811378 di terbitkan di Yogyakarta, dengan tebal buku 247 halaman. Hasil yang ditemukan dalam penelitian novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata adalah jenis tokoh dan teknik penokohan. Jenis tokoh yakni: tokoh utama, tokoh tambahan, tokoh protagonis, tokoh antagonis, tokoh sederhana, tokoh bulat, tokoh statis, tokoh berkembang, tokoh tipikal dan tokoh netral. Teknik penokohan: teknik teknik cakapan, teknik tingkah laku, teknik pikiran dan perasaan, teknik arus kesadaran, teknik reaksi tokoh, teknik reaksi tokoh lain, teknik pelukisan latar, teknik pelukisan fisik. Dalam hasil penelitian ini disarankan agar guru bidang Studi Bahasa Indonesia digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran sastra untuk meningkatkan kepekaan siswa dalam menganalisis dan mengapresiasi karya sastra. Hasil penelitian ini dapat membantu peneliti-peneliti lain dalam usahanya menambah wawasan yang berkaitan dengan analisis unsur intrinsik khusunya bagian penokohan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: Siti Rahmania
Date Deposited: 15 Mar 2021 07:03
Last Modified: 15 Mar 2021 07:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/17474

Actions (login required)

View Item View Item