Fitrah, Annisa and maryono, maryono and Alirmansyah, Alirmansyah (2021) Kegiatan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar pada Tahun Ajaran 2020/2021. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Halaman Judul.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
Halaman_Persetujuan[1].pdf Download (288kB) |
![]() |
Text
Halaman_Pengesahan[1].pdf Download (307kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (313kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (287kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (302kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_ANNISA FITRAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Fitrah, Annisa. 2021, “Kegiatan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar pada Tahun Ajaran 2020/2021”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. FKIP, Universitas Jambi. Dosen pembimbing (I) Drs. Maryono, M.Pd. (II) Alirmansyah S.Pd., M.Pd. Kata kunci : Kegiatan Literasi Membaca, Siswa Sekolah Dasar, Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi yang dilakukan guru dalam kegiatan literasi membaca siswa sekolah dasar pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan di SDN 34/I Teratai pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan segala bentuk tindakan dan juga fenomena yang dilakukan oleh subjek yang diteliti. Dengan melakukan pengamatan secara langsung dan secara tidak langsung dilapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan kegiatan literasi membaca dengan beberapa tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun persiapan yang dilakukan oleh guru adalah : 1) menghubungi orang tua atau wali sebelum kegiatan di mulai untuk menyiapkan peserta didik, 2) menyiapkan teks bacaan, 3) menyiapkan rangkuman langkah-langkah pelaksanaan kegiatan, dan (4) berkoordinasi dengan orang tua untuk menyiapkan tempat yang nyaman untuk siswa di rumah pada saat kegiatan dengan mengirimkan foto kepada guru. Kemudian, pelaksanaan kegiatan oleh guru dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu : 1) membuka kelas dengan mengucapkan salam dan berdo’a, 2)Menjelaskan rincian kegiatan dari awal sampai akhir kegiatan, 3) meminta bimbingan orang tua, 4) mengirimkan teks bacaan, 5) meminta dua orang peserta didik yang sudah ditunjuk sebelumnya untuk mengirimkan video ke dalam grup kelas, 6) meminta peserta didik lain menanggapi melalui pesan suara, dan 7) menyimpulkan isi bacaan. Dan terakhir, evaluasi yang dilakukan oleh guru, yaitu dengan : 1) mengevaluasi proses kegiatan dan hasil belajar, 2) mengevaluasi teks bacaan, 3) mengevaluasi lingkungan belajar siswa, 4) mengevaluasi daya dukung atau sarana dan prasarana, 5) mengevaluasi keadaan siswa, guru, dan orang tua. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru hendaknya untuk terus berinovasi dalam mempersiapkan, melaksanakan, serta mengevaluasi kegiatan literasi membaca dari berbagai sumber informasi, terutama pada tahun ajaran 2020/2021 yang cukup berbeda dari tahun ajaran sebelumnya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Annisa Fitrah |
Date Deposited: | 16 Mar 2021 07:54 |
Last Modified: | 16 Mar 2021 07:54 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/17632 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |