Pertiwi, Rindu Refoina (2021) PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
RINDU REFOINA PERTIWI (A1B117044).pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (22kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (355kB) |
![]() |
Text
BAB I SKRIPSI.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
BAB V SKRIPSI.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
Abstract
Pertiwi, Rindu Refoina. 2021. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 7 Muaro Jambi: Skripsi,Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing:(I)Dr.Drs. Ade Kusmana, M.Hum., Pembimbing (II) Drs. Agus Setyonegoro, M.Pd. Kata kunci: Pembelajaran Jarak Jauh, Teks Eksplanasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran jarak jauh, pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, dan evaluasi pembelajaran jarak jauh pada materi menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII E di SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Muaro Jambi pada November 2020. Data penelitian diperoleh dengan cara wawancara kepada guru bidang studi Bahasa Indonesia kelas VIII E. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode dekskriptif terhadap subjek penelitian yang ada di lapangan dan diperoleh data yang berasal dari wawancara dan dokumentasi. Pembelajaran jarak jauh ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Pembelajaran jarak jauh terdapat beberapa tahap, yaitu tahap perencanaan pembelajaran, tahap pelaksanaan pembelajaran, dan tahap evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian, tahap perencanaan pembelajaran jarak jauh sudah terlaksanakan dengan baik sesuai dengan RPP yang sudah dirancang oleh guru bidang studi sebagai acuan dalam proses pembelajaran. Proses pelaksanaan pembelajaran jarak jauh menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII E SMP Negeri 7 Muaro Jambi sudah terlaksana dengan baik walaupun terdapat beberapa kendala seperti gangguan internet hingga ada beberapa siswa yang tidak memiliki smartphone atau laptop. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah pembelajaran jarak jauh menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII E SMP Negeri 7 Muaro Jambi memiliki beberapa tahapan pelaksanaan. Pada tahap perencanaan, langkah-langkah kegiatan pembelajaran sudah sesuai dan dijabarkan secara runtut pada RPP sebagai acuan bagi guru. Tahap pelaksanaan, guru menggunakan aplikasi Zoom Meeting sebagai media utama dalam proses belajar mengajar dan aplikasi Whatsapp sebagai media pendukung untuk memberikan tugas. Tahapan terakhir yaitu evaluasi, guru menilai sikap, pengetahuan, dan keterampilan selama pembelajaran jarak jauh menulis teks eksplanasi. Guru disarankan agar lebih kreatif dan mengembangkan strategi pembelajaran yang menyenangkan dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh agar siswa tidak jenuh dalam melaksanakan pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | RINDU REFOINA PERTIWI |
Date Deposited: | 17 Mar 2021 02:54 |
Last Modified: | 17 Mar 2021 02:54 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/17811 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |