Ulya, Latifatul (2021) ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISTEM DARING DI KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI LATIFATUL ULYA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan.pdf Download (411kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (320kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (295kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (302kB) |
Abstract
Ulya, Latifatul. 2021. Analisis Kemampuan Kognitif Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Menggunakan Video Pembelajaran Matematika Sistem Daring di Kelas V Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Yantoro, M.Pd., (II) Suci Hayati, S.Pd., M.Pd., Kata Kunci: Kognitif, Matematika, Operasi Hitung Pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan kognitif matematika siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri No. 34/I Teratai Tahun Ajaran 2020/2021 dalam pembelajaran matematika menggunakan video pembelajaran daring. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri No. 34/I Teratai pada Januari 2021. Data penelitian ini diperoleh dengan cara memberikan soal tes kepada siswa (sebagai data utama) dan wawancara dengan wali kelas (sebagai data penunjang). Setelah soal tes dikumupulkan, data dianalisis kualitatif dengan rumus persentase. Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif matematika materi operasi hitung pecahan menggunakan video pembelajaran matematika sistem daring di kelas V Sekolah Dasar Negeri No. 34/I Teratai. Tes dilakukan untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa. Terdapat sebanyak 14 siswa dari 28 siswa yang mengumpulkan hasil tes. Berdasarkan analisis data, diperoleh kemampuan kognitif siswa dalam kategori tinggi sebanyak 8 siswa, sedangkan kategori sedang sebanyak 4 orang, dan rendah sebanyak 2 orang siswa. Hasil kemampuan kognitif matematika siswa yang tinggi sebanyak 57% , kognitif siswa yang sedang sebanyak 29%.dan kemampuan kognitif yang rendah 14%. Hasil observasi dari penelitian ini disimpulkan bahwa kurangnya keaktifan siswa selama mengikuti pembelajaran daring menggunakan video pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari jumlah siswa yang mengumpulkan hasil tes hanyak sebanyak 14 siswa dari 28 siswa. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif matematika siswa selama pembelajaran daring memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Hal ini dapat dilihat dari tingkatan kemampuan siswa dari hasil tes yang dilakukan. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru dapat memperhatikan kemampuan siswa dalam menguasai materi pelajaran, lebih kreatif dalam menggunakan media pembelajaran agar mudah dimengerti oleh siswa. Untuk siswa agar lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran daring.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | LATIFATUL ULYA |
Date Deposited: | 17 Mar 2021 03:16 |
Last Modified: | 17 Mar 2021 03:16 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/17903 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |