Adriana, Aprilantika Rahayu and Chan, Faizal and Noviyanti, Silvi (2021) Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Kreatif Peserta Didik Kelas IV di SDN 197/IX Pematang Gajah. S1 thesis, universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (26kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR.pdf Download (49kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
pengesahan.pdf Download (196kB) |
Abstract
ABSTRAK Adriana, Aprilantika Rahayu. 2021. Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Kreatif Peserta Didik Kelas IV Di SDN 197/IX Pematang Gajah,Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar,FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Faizal Chan S.Pd., M.Si., (II) Silvina Noviyanti, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Strategi Guru, Kemampuan Menulis, Karangan Kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan kreatif pada peserta didik kelas IV. Penelitian ini dilakukan di SDN 197/IX Pematang Gajah pada Januari-Februari 2021. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi mengenai Strategi guru dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan kreatif peserta didik kelas IV. Adapun subjek penelitian ini adalah guru kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa strategi pembelajaran yang efektif dalam penerapan pembelajaran yaitu strategi pengorganisasian, strategi penyampaian serta strategi pengelolaan pembelajaran. strategi pengorganisasian seperti pembagian materi yang akan diajarkan, baik menyiapkan RPP yang disesuaikan dengan silabus. Selanjutnya Strategi penyampaian pembelajaran seperti penggunaan variasi dalam pembelajaran yaitu dengan menggunakan media gambar berwarna tentang Corona Virus serta penggunaan metode ceramah untuk menjelaskan materi dan media. Kemudian strategi pengelolaan pembelajaran yaitu pengelolaan jadwal pembelajaran serta motivasi peserta didik agar kemampuan menulis peserta didik meningkat. melalui data dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tiga strategi pembelarajan yang digunakan oleh adalah strategi pengorganisasian, strategi penyampaian dan strategi pengelolaan. Kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, yaitu strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan kreatif peserta didik kelas IV Pematang Gajah adalah strategi pengorganisasian pembelajaran, strategi penyampaian pembelajaran, dan strategi pengelolaan pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Aprilantika Rahayu Adriana |
Date Deposited: | 17 Mar 2021 07:34 |
Last Modified: | 17 Mar 2021 07:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/17970 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |