MARISA, YUNI and Suhandi, Andi and Pamela, Issaura Sherly (2021) CARA SISWA BERPARTISIPASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN SECARA DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER-dikonversi.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI, TABEL, LAMPIRAN.pdf Download (49kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (85kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (456kB) |
Abstract
ABSTRAK Marisa, Yuni. 2021. Cara Siswa Berpartisipasi Dalam Proses Pembelajaran Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Andi Suhandi, S.Pd, M.Pd.I., (II) Issaura Sherly Pamela, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Partisipasi, Pembelajaran Secara Daring Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya cara siswa berpartisipasi dalam proses pembelajaran secara daring pada masa pandemi Covid-19 di kelas IV Sekolah Dasar. Berdasarkan pernyataan dari siswa kelas IV SDN 222/VI Tanjung Rejo I. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara siswa berpartisipasi dalam proses pembelajaran secara daring pada masa pandemi Covid-19 di kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan sumber data diperoleh dari kuesioner, wawancara dan dokumentasi yang berkaitan dengan cara siswa berpartisipasi dalam proses pembelajaran secara daring. Teknik sampling yang di gunakan peneliti yaitu purposive sampling yaitu teknik pengambilan sample dengan pertimbangan tertentu, dengan pengambilan sampel 10 informan yang ada di kelas IV, yang memenuhi kriteria sebagai berikut : 1) 5 orang laki-laki; 2) 5 orang perempuan; 3) 5 orang peringkat teratas; 4) 5 orang peringkat terbawah; 5) 5 orang nilai ujian tertinggi; dan 6) 5 orang nilai ujian terendah. Teknik keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi melalui pengecekan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan cara siswa berpartisipsi dalam proses pembelajaran secara daring pada masa pandemi Covid-19 di kelas IV sudah terlaksana dengan baik. Hal ini terlihat dari siswa yang sudah ikut serta dalam mengikuti pembelajaran secara daring, di mana siswa sudah terlihat berpartisipasi dalam mengerjakan tugas, siswa membaca materi/LKS mengenai permasalahan, siswa menyelesaikan tugas-tugas yang di berikan oleh guru, bertanya tentang materi yang belum di pahami ataupun bertanya tentang kesulitan dalam mengerjakan tugas, dan siswa juga membuat catatan ringkasan untuk mempermudah dalam belajarnya. Hasil dari penelitian ini di peroleh kesimpulan bahwa cara siswa berpartisipasi dalam proses pembelajaran secara daring sudah terlihat aktif seperti, siswa membaca materi/LKS mengenai permasalahan, dan siswa juga bertanya tentang materi yang belum di pahami ataupun tentang kesulitan dalam mengerjakan tugas, dan siswa juga membuat catatan ringkasan untuk mempermudah dalam belajarnya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Yuni Marisa |
Date Deposited: | 19 Mar 2021 06:24 |
Last Modified: | 19 Mar 2021 06:24 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/18155 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |