PROSES PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS IX C SMP NEGERI 30 MUARO JAMBI

Widya Wiranti, Wenny (2021) PROSES PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS IX C SMP NEGERI 30 MUARO JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
gabungan full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (650kB)
[img] Text
BAB V-1.pdf

Download (325kB)
[img] Text
SKRIPSI Wenny Widya Wiranti.pdf

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN-1.pdf

Download (152kB)

Abstract

PROSES PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS IX C SMP NEGERI 30 MUARO JAMBI Wenny Widya Wiranti PBSI FKIP UNIVERSITAS JAMBI wennywidyawiranti@gmail.com Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses penerapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas IX C SMP Negeri 30 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2020/2021 pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif terhadap subjek penelitian yang ada dilapangan dan diperoleh data dari hasil wawancara dan dokumentasi.Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 30 Muaro Jambi pada Januari 2021. Data penelitian ini diperoleh dengan cara memberikan instrumen wawancara dan wawancara langsung kepada guru bidang studi bahasa Indonesia (sebagai data utama) dan hasil karya cerpen siswa yang diberikan sebagai tugas dan hasil tangkap layar pada saat pembelajaran berlangsung melalui aplikasi WhatsApp (sebagai data penunjang). Berdasarkan analisis data, diketahui hasil penelitian bahwa pembelajaran jarak jauh (PJJ) menulis cerpen meliputi tiga proses yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran pada siswa kelas IX C.Pada proses perencanaan berfokus pada pembuatan rancangan perencanaan pembelajaran (RPP) yang memerhatikan beberapa faktor seperti kondisi, fasilitas, pemahaman, sumber belajar.Pada pelaksaan dilakukan secara daring maupun luring. Pada pelaksanaan daring terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kegiatan awal berupa salam pembuka, berdoa dan memeriksa kehadiran siswa. Kegiatan Inti berupa penyampaian materi dan video terkait, analisis dan mengevaluasi proses, kegiatan diskusi terkait materi, dan intruksi pengerjaan LKPD. Kegiatan akhir berupa mengakhiri pembelajaran, mengingatkan siswa untuk mengerjakan tugas LKPD, dan berpamitan pada siswa. Pada pelaksanaan luring dilakukan dengan pemberian materi dan LKPD pada siswa. Pada evaluasi, evaluasi hasil belajar siswa meliputi: penilaian sikap, penilaian pengetahuan siswa dalam mengerjakan LKPD, dan penilaian keterampilan siswa berdasarkan hasil karya siswa. Berdasarkan hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran jarak jauh menulis cerpen pada siswa kelas IX C SMP Negeri 30 Muaro Jambi meluputi tiga proses yaitu perencanaan, pelaksaan baik secara daring maupun luring, dan tahap evaluasi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: WENNY WIDYA WIRANTI
Date Deposited: 18 Mar 2021 07:15
Last Modified: 18 Mar 2021 07:15
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/18373

Actions (login required)

View Item View Item