Implementasi Penggunaan Whatsapp sebagai Media Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 di Kelas IIIA Sekolah Dasar

Hartono, Tri and Hariandi, Ahmad and Noviyanti, Silvi (2021) Implementasi Penggunaan Whatsapp sebagai Media Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 di Kelas IIIA Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (51kB)
[img] Text
Persetujuan & Pengesahan.pdf

Download (525kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (27kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (92kB)
[img] Text
SKRIPSI TRI HARTONO A1D117024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran merupakan kegiatan interaksi antara pendidik dan peserta didik. Kegiatan belajar mengajar dapat dilaksanakan dalam pendidikan formal ataupun nonformal. Pendidikan formal dilaksanakan oleh suatu lembaga pendidikan, salah satunya yaitu sekolah dasar. Namun akibat adanya pandemi Covid-19 yang memaksa pelaksanaan pembelajaran harus dilaksanakan secara daring melalui media aplikasi Whatsapp. Untuk itu dibutuhkan suatu implementasi yang tepat agar pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik meskipun dalam masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi penggunaan Whatsapp sebagai media pembelajaran Daring masa Pandemi Covid-19 di kelas IIIA Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 64/I Muara Bulian pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan Sumber data wali kelas IIIA sebagai informan penelitian. uji validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru mampu melakukan kegiatan pembelajaran jarak jauh dengan mengimplementasikan aplikasi Whatsapp sebagai media pembelajaran daring. Adapun bentuk implementasi yang diterapkan oleh guru yaitu: 1). Tahap pemahaman, yang meliputi keunggulan Whatsapp sehingga dimanfaatkan dalam pembelajaran daring dan cara mengunduh Whatsapp melalui gawai, 2). Tahap perencanaan, yaitu langkah guru membuat akun Whatsapp, mempersiapkan materi dalam bentuk tulisan, gambar, video, 3). Tahap pelaksanaan, yakni pemberian motivasi, kemudian pemberian materi dalam bentuk foto, video, ataupun voice note, 4). Tahap evaluasi, mengetahui hambatan yang terjadi selama pembelajaran daring menggunakan Whatsapp, dan mencari solusi untuk mengatasi hambatan yang terjadi. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pembelajaran secara daring dapat dilaksanakan melalui media Whatsapp dengan beberapa tahapan pelaksanaan serta disarankan kepada guru agar dapat mengimplementasikan penggunaan Whatsapp sebagai media pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 sehingga pembelajaran dapat dilaksanakan meskipun dilakukan secara jarak jauh.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: TRI HARTONO
Date Deposited: 18 Mar 2021 07:21
Last Modified: 18 Mar 2021 07:21
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/18381

Actions (login required)

View Item View Item