Asrori, M. Mizan (2021) PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR DALAM PROSES PEMBELAJARAN KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI M. MIZAN ASRORI .pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (21kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (83kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
BAB l.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
Abstract
Asrori, M. Mizan. 2021. Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Proses Pembelajaran Kelas V Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Faizal Chan, S.Pd., M.Si., (II) Hendra Budiono, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru sebagai motivator dalam poses pembelajaran Kelas V B Sekolah Dasar Negeri 35/1 Tebing Tinggi pada tahun ajaran 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data di analisis dengan menggunakan teknik analisis model Miles dan Hubersman melalui tiga tahap, yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan triagulasi teknik. Hasil penelitian ini menujukan bahwa peran guru sebagai motivator dimana guru mendorong siswa untuk mengungkapkan pendapatnya dengan cara memberi reward (poin) sebagai nilai tambah siswa, menanggapi pendapat siswa secara positif dengan selalu merespon siswa dengan baik, menghargai usaha yang dilakukan siswa, memahami permasalahan yang dihadapi siswa ,memberikan aprsiasi sesuai tindakan yang dilakukan siswa, memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengungkapkan pendapat, tidak menyalahkan siswa secara langsung jika siswa kurang tepat dalam menyampaikan pendapat dan mengajarkan siswa untuk saling menghargai pendapat satu sama lain. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa guru telah menjalankan perannya sebagai motivator dengan cara yang bervariasi agar siswa bisa termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran dengan semangat.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | ASRORI |
Date Deposited: | 22 Mar 2021 02:31 |
Last Modified: | 22 Mar 2021 02:31 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/18492 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |