Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas VA Sekolah Dasar Berdasarkan Teori Polya Pada Masa Pandemi Covid-19

Ismawati, Mira and Yantoro, Yantoro and Noviyanti, Silvina (2021) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas VA Sekolah Dasar Berdasarkan Teori Polya Pada Masa Pandemi Covid-19. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (214kB)
[img] Text
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB)

Abstract

ABSTRAK Ismawati, Mira. 2021. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas VA Sekolah Dasar Berdasarkan Teori Polya Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Yantoro, M.Pd (II) Silvina Noviyanti, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Matematika, Pandemi Covid-19 Pembelajaran matematika kelas VA SD Negeri No. 55/I Sridadi dalam Pemecahan masalah matematika menjadi hal yang sangat penting untuk mengetahui kemampuan peserta didik yang sebenarnya, namun kondisi real kemampuan pemecahan masalah peserta didik masih beragam di masa pandemi covid-19 Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas VA Sekolah Dasar Berdasarkan Teori Polya pada Masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini mengumpulkan data menggunakan penelitian kualitatif yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan jenis penelitian fenomenologi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peserta didik memiliki kemampuan pemecahan masalah yang beragam. Kemampuan pemecahan masalah matematika dapat dilihat dari proses penyelesaian dan hasil penyelesaian masalah dalam soal. Subjek yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika adalah subjek yang mampu menerapkan indikator pemecahan masalah secara lengkap menurut teori Polya, yaitu memahami masalah, membuat rencana/strategi, melaksanakan rencana/strategi dan memeriksa kembali. Kesimpulan dari hasil analisis yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika terhadap 21 peserta didik terdapat 8 atau 38% peserta didik yang memiliki kemampuan pemecahan masalah dengan kategori tinggi, 7 atau 33,33% peserta didik yang memiliki kemampuan pemecahan masalah dengan kategori sedang dan 6 atau 28,57% peserta didik yang memiliki kemampuan pemecahan masalah dengan kategori rendah.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: MIRA ISMAWATI
Date Deposited: 22 Mar 2021 02:37
Last Modified: 22 Mar 2021 02:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/18913

Actions (login required)

View Item View Item