Ratna Yulyanti, Ninik (2021) Peran Guru Dalam Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (762kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (334kB) |
![]() |
Text
BAB V..pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (318kB) |
Abstract
ABSTRAK Yulyanti. Ninik Ratna. 2021. Peran Guru dalam Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Ahmad Hariandi, S.Pd.I,. M.Ag, (II) Silvina Noviyanti, S.Pd,. M.Pd Kata Kunci : Peran Guru, Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter, Masa Pandemi Covid-19. Pada masa pandemi saat ini perlu adanya peran guru dalan pelaksanaan penguatan pendidikan karakter (PPK) untuk memperkuat karakter dan moral anak bangsa agar memiliki karakter yang baik dan mampu mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-harinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam pelaksanaan penguatan pendidikan karakter (PPK) pada masa pandemi covid-19 di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi, data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul data di analisis, secara kualitatif menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada perencanaan berupa penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis penguatan pendidikan karakter (PPK), Pada tahap pelaksanaan berupa peran guru dalam pelaksanaan penguatan pendidikan karakter (PPK) pada masa pandemi covid-19 yaitu :1). Peran guru sebagai pembimbing yang membimbing serta mengarahkan peserta didik dalam melaksanakan nilai-nilai karakter.2). Peran guru sebagai fasilitator yang memfasilitasi peserta didik menggunakan media dan metode yang mempermudah peserta didik melaksanakan nilai-nilai karakter.3). Peran guru sebagai inspirator dengan memberi contoh serta petunjuk kepada peserta didik mengenai pelaksanaan nilai-nilai karakter.4). Peran guru sebagai motivator diperlukan guna membangkitkan semangat peserta didik untuk melaksanakan nilai-nilai karakter.5).Peran guru sebagai evaluator adalah untuk mengukur pencapaian peserta didik mengenai pelaksanaan nilai-nilai karakter yang telah dilaksanakan oleh peserta didik. Evaluasi dilakukan guru dengan penilaian sikap peserta didik melalui jurnal penilaian sikap dan juga dari buku catatan kegiatan sehari-hari dan buku gemar berkarakter yang dibuat oleh peserta didik. Jika penilaian dianggap belum memenuhi kkm maka di lakukan tindak lanjut. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi guru telah menjalankan peran yang sesuai dalam pelaksanaan penguatan pendidikan karakter (PPK) pada masa pandemi covid-19 di sekolah dasar seperti guru sebagai pembimbing, fasilitator, inspirator, motivator dan evaluator dalam pelaksanaan penguatan pendidikan karakter (PPK).
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Ninik Ratna Yulyanti |
Date Deposited: | 22 Mar 2021 02:33 |
Last Modified: | 22 Mar 2021 02:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/18915 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |