Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa

Isadyah, Yustina and hariandi, ahmad and Alirmansyah, Alirmansyah (2021) Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. S1 thesis, Universitas Jambii.

[img] Text
COVER REPO-dikonversi.pdf

Download (45kB)
[img] Text
DAFTAR ISI-dikonversi.pdf

Download (44kB)
[img] Text
BAB I-dikonversi.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB V-dikonversi.pdf

Download (38kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN YUSTINA.pdf

Download (212kB)

Abstract

ABSTRAK Isadyah Yustina. 2021. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa: Skripsi, Pendidikan guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Ahmad Hariandi, S.Pd.I., M.Ag. (2) Alirmansyah, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Peran Kepemimpin, Kedisiplinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SD Negeri 297/VI Koto Rayo II. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 297/VI Koto Rayo II pada Januari 2021. Data penelitian ini diperoleh dengan cara melakukan observasi kegiatan kepala sekolah dan lingkungan sekolah (sebagai data utama) dan wawancara dengan guru, siswa (sebagai data penunjang). Adapun subjek penelitian ini adalah kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data penelitian ini diperoleh melalui proses wawancara, obervasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, data dianalisis secara kualitatif menggunakan teknik tri angulasi data yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah ini telah melakukan suatu kegiatan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dimana kegiatan tersebut datang ke sekolah tepat waktu, mematuhi peraturan sekolah, memiliki catatan kehadiran, menjaga ketertiban sekolah dan tidak melanggar tata tertib. Hal tersebut tidak jauh dari peran kepala sekolah sebagai leader dan supervisor dimana kepala sekolah dengan melakukan pembiasaan dan mengawasi kedisiplinan sehingga siswa kedisiplinannya menjadi baik dengan adanya peran dari kepala sekolah. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian ini yaitu peran yang dilakukan kepala sekolah terlihat sudah menunjukan hasil yang baik seperti terbentunya kedisiplinan siswa dalam tata tertib. Hasil baik ini yang diperoleh merupakan buah kerja keras kepala sekolah yang dibantu oleh pihak lain.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Yustina Isadyah
Date Deposited: 22 Mar 2021 06:40
Last Modified: 22 Mar 2021 06:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/18990

Actions (login required)

View Item View Item