PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PJOK KELAS XI DI SMA NEGERI 11 MUARO JAMBI

rifaldo, muhammad fajriil (2021) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PJOK KELAS XI DI SMA NEGERI 11 MUARO JAMBI. S1 thesis, pendidikan olahrga dan kesehatan.

[img] Text
muhammad fajril rifaldo k1a117018 porkes.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER .pdf

Download (204kB)
[img] Text
galaman persetujuan pembimbing,pernyataan dan pengesahan.pdf

Download (419kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (292kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Fajril Rifaldo: “Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PJOK Kelas XI di SMA Negeri 11 Muaro Jambi”. Program Studi Pendidikan Keolahragaan dan Kesehatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing I Dr. Atri Widowati, S.Pd, M.Or dan Pembimbing II Adhe Saputra, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Senam Lantai, Google Classroom, WhatsApp Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran aplikasi google classroom lebih baik dibanding dengan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran media whaatapps; dan (2) Mengetahui seberapa besar pengaruh media pembelajaran aplikasi google classroom dan whaatapps terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PJOK di SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design dengan bentuk desain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 11 Muaro Jambi berjumlah 50 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu dua kelas dari kelas XI IPS dan XI IPA. Dari dua kelas tersebut, satu kelas dikelompokkan menjadi kelas eksperimen (25 siswa) dan satu kelas lain sebagai kelas kontrol (25 siswa). Kelas eksperimen menerapkan media pembelajaran aplikasi google classroom dan kelas kontrol menerapkan media pembelajaran whaatapps terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PJOK di SMA Negeri 11 Muaro. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan adalah pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah analisis uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan hasil perhitungan uji t kelompok terpisah pada saat posttest menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik di bandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol, karena t hitung = 1,9664 lebih besar dari pada t tabel = 1,677 (t hitung > t tabel). Hal tersebut menunjukkan bahwa penelitian ini berhasil membuktikan bahwa media pembelajaran aplikasi google classroom lebih baik dari media pembelajaran whaatapps, (2) media pembelajaran aplikasi google classroom memberikan pengaruh terhadap hasil belajar kepada siswa kelas XI di SMA Negeri 11 Muaro Jambi yaitu sebesar 5,12. Dengan angka positif yang artinya rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran aplikasi google classroom memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PJOK.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ?? POK ??
Depositing User: Muhammad Fajril Rifaldo
Date Deposited: 22 Mar 2021 02:16
Last Modified: 22 Mar 2021 02:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19009

Actions (login required)

View Item View Item