Analisis Buku Ajar Biologi Di SMA Negeri Kota Jambi Kelas XI Kurikulum 2013 Revisi Berdasarkan Literasi Sains

Sapitri, Winda and Budarti, Retni Sulistiyoning and Mataniari, Raissa (2021) Analisis Buku Ajar Biologi Di SMA Negeri Kota Jambi Kelas XI Kurikulum 2013 Revisi Berdasarkan Literasi Sains. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI COVER.pdf

Download (176kB)
[img] Text
SKRIPSI PENGESAHAN.pdf

Download (318kB)
[img] Text
SKRIPSI DAFTAR ISI.pdf

Download (47kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB I.pdf

Download (388kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB V.pdf

Download (260kB)

Abstract

Analisis Buku Ajar Biologi Di SMA Negeri Kota Jambi Kelas XI Kurikulum 2013 Revisi Berdasarkan Literasi Sains Oleh: Winda Sapitri1), Retni S. Budiarti2), Raissa Mataniari2) 1)Mahasiswa Pendidikan Biologi Jurusan PMIPA FKIP Universitas Jambi 2)Dosen Pendidikan Biologi Jurusan PMIPA FKIP Universitas Jambi Email: windasapitri52@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemunculan literasi sains mencakup ketegori pengetahuan sains, sains sebagai cara untuk menyelidiki, sains sebagai cara untuk berpikir dan interaksi sains, teknologi, dan masyarakat buku ajar Biologi SMA kelas XI di Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kualitattif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini difokuskan pada analisis buku ajar Biologi SMA Kelas XI di Kota Jambi berdasarkan literasi sains dengan menggunakan Instrumen penelitian yang berisi indikator literasi sains. Penelitian ini dilakukan menganalisis 3 Bab buku GR dan buku ER. Hasil proporsi literasi sains pada buku penerbit GR sebagai berikut: (1) pengetahuan sains sejumlah 214 (2) sains sebagai cara untuk menyelidiki 65 (3) sains sebagai cara untuk berpikir 46, dan (4) interaksi sains, teknologi, dan masyarakat sejumlah 15. Dan buku ER memiliki proporsi literasi sains sebagai berikut: (1) pengetahuan sains sejumlah 362, (2) sains sebagai cara untuk menyelidiki 29, (3) sains sebagai cara untuk berpikir 57, dan (4) interaksi sains, teknologi, dan masyarakat sejumlah 6. Dan Berdasarkan jumlah proporsi literasi sains buku penerbit ER lebih banyak yaitu sejumlah 454 sedangkan buku penerbit GR sejumlah 340. Sehingga jika dilihat dari jumlah proporsi literasi sains kedua buku, buku penerbit ER lebih unggul dan secara keseluruhan buku-buku teks tersebut telah menggambarkan literasi sains secara utuh dengan kategori sangat bagus. Kata Kunci : Analisis Buku Ajar Biologi, Literasi Sains.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: CINDY DWI FORTUNA
Date Deposited: 23 Mar 2021 07:53
Last Modified: 23 Mar 2021 07:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19062

Actions (login required)

View Item View Item