Strategi Guru Dalam Menangani Kesulitan Membaca Pada Siswa Kelas II Selama Proses Pembelajaran Secara Daring Di Sekolah Dasar

Nopianti, Titin and Noviyanti, Silvina and Hariandi, Ahmad (2021) Strategi Guru Dalam Menangani Kesulitan Membaca Pada Siswa Kelas II Selama Proses Pembelajaran Secara Daring Di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI-TITIN NOPIANTI-A1D117131.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
COVER SKRIPSI TITIN NOPIANTI A1D117131.pdf

Download (215kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (289kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)

Abstract

ABSTRAK Nopianti, Titin. 2021. Strategi Guru Dalam Menangani Kesulitan Membaca Pada Siswa Kelas II Selama Proses Pembelajaran Secara Daring Di Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Ahmad Hariandi, S.Pd.I., M.Ag., (II) Silvina Noviyanti, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : strategi guru, kesulitan membaca, pembelajaran secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi Guru Dalam Menangani Kesulitan Membaca Pada Siswa Kelas II Selama Proses Pembelajaran Secara Daring Di Sekolah Dasar Negeri 2/IV Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Model Miles dan Huberman. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 2/IV Kota Jambi pada Januari 2021. Data penelitian ini di peroleh dengan cara observasi dan wawancara dengan wali kelas II C SD Negeri 2/IV Kota Jambi. Setelah data diperoleh, data dianalisis secara kualitatif yaitu dengan cara Model Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai Strategi Guru Dalam Menangani Kesulitan Membaca Pada Siswa Kelas II Selama Proses Pembelajaran Secara Daring Di Sekolah Dasar Negeri 2/IV Kota Jambi dengan beberapa tahapan, yaitu identifikasi kesulitan mambaca, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun identifikasi kesulitan yang dilami oleh siswa yaitu : 1) kurang mengenal huru dan tidak bisa membaca, 2) menghilangkan huruf pada saat membaca, 3) membaca kata demi kata atau membaca terbata-bata. Selanjutnya persiapan yang dilakukan oleh guru adalah : 1) menyiapkan RPP terlebih dahulu, 2) menyiapkan bahan bacaan. Kemudian tahap pelaksanaan yang dilakukan oleh guru adalah : 1) membuka kelas dengan mengucapkan salam, dan membaca do’a menurut agama masing-masing,dan menanyakan kabar siswa, 2) menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan pada saat proses pembelajaran dari awal sampai dengan kegiatan akhir, 3) meminta bimbingan orang tua, 4) mengirimkan teks bacaan melalui grup whatsapp kelas, 5) meminta siswa membuat video membaca dan mengirimkan video membaca tersebut kepada guru wali kelas melalui whatsapp pribadi, 6) membuka kegiatan les privat membaca bagi siswa yang benar-benar mengalami kesulitan dalam membaca. Dilanjutkan dengan tahap evaluasi yang dilakukan oleh guru adalah : 1) mengevaluasi proses kegiatan membaca dan hasil belajar membaca siswa melalui video membaca yang dikirimkan melalui whatsapp, 2) mengevaluasi lingkungan tempat belajar siswa, 3) mengevaluasi keadaan siswa, orang tua dan guru. Dari hasil penelitian ini disarankan guru hendaknya untuk terus mempertahan dan berinovasi mengenai strategi dalam mengidentifikasi kesulitan membaca siswa, mepersiapkan, melaksanakan serta mengevaluasi strategi guru dalam menangani kesulitan membaca selama proses pembelajaran secara daring di sekolah dasar

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Titin Nopianti
Date Deposited: 23 Mar 2021 02:19
Last Modified: 23 Mar 2021 02:19
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19064

Actions (login required)

View Item View Item