ANALISIS KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN GEOGEBRA DI SMP N 6 MERANGIN

Maulana, Fahrudin (2021) ANALISIS KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN GEOGEBRA DI SMP N 6 MERANGIN. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (407kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB)
[img] Text
FAHRUDIN MAULANA_A1C216008.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (493kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (194kB)

Abstract

ABSTRAK Maulana, Fahrudin. 2021. Analisis Kemampuan Metakognitif Siswa Pada Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Geogebra di SMP Negeri 6 Merangin: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing : (1) Dra. Dewi Iriani, M.Pd. (2) Khairul Anwar, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Metakognitif, Problem Based Learning, Geogebra. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan metakognitif siswa di SMP Negeri 6 Merangin berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti pada salah satu guru, dimana masih banyak siswa yang belum menerapkan kemampuan metakognitif pada proses pemecahan masalah. Model pembelajaran yang diterapkan pada proses KBM hanya menerapkan model pembelajaran langsung yang kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan level metakognitif siswa pada pembelajaran problem based learning dengan berbantuan Geogebra. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Merangin pada tanggal 11 November 2020 sampai dengan 11 Desember 2020. Subjek penelitian ini adalah enam orang siswa kelas VIII dengan kriteria kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah sebagai uji coba terbatas dan 20 orang siswa kelas VIII A sebagai uji coba lapangan. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar validasi instrumen, lembar validasi ahli, lembar wawancara siswa dan lembar tes kemampuan metakognitif siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses dan level metakognitif yang terjadi pada siswa dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah sangat beragam. Pada siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi dapat melaksanakan semua unsur proses metakognitifnya yaitu aktivitas perencanaan, monitoring dan evaluasi serta berada pada level metakognitif Reflective Use. Pada kemampuan matematika sedang siswa belum melaksanakan secara maksimal semua unsur proses metakognitifnya dalam aktivitas evaluasi dimana proses evaluasi yang dilakukan belum maksimal walaupun sudah dilaksanakan serta berada pada level Strategic Use. Pada kemampuan matematika rendah subjek tidak melaksanakan semua unsur kemampuan metakognitifnya hanya aktivitas perencanaan dan monitoring saja serta berada pada level metakognitif Aware Use. Dari hasil penelitian ini disarankan untuk melatih kemampuan metakognitif siswa sebaiknya guru meminta siswa untuk lebih aktif didalam proses pembelajaran serta guru harus sering meminta siswa untuk menjelaskan setiap jawaban yang diperoleh baik secara lisan maupun tulisan serta guru dapat menggunkan berbagai macam aplikasi berbasis IT yang dapat membantu siswa dalam proses pembelajarannya.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Fahrudin Maulana
Date Deposited: 24 Mar 2021 02:34
Last Modified: 24 Mar 2021 02:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19096

Actions (login required)

View Item View Item