Analisis Kesulitan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melankolis Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Cerita Dikelas VIIIA SMPN 10 Kab. Tebo

Rani, Hikma (2021) Analisis Kesulitan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melankolis Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Cerita Dikelas VIIIA SMPN 10 Kab. Tebo. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
cover skripsi-dikonversi-digabungkan (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
cover skripsi-dikonversi.pdf

Download (41kB)
[img] Text
pengesahan wangi (1).pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB I1-dikonversi.pdf

Download (64kB)
[img] Text
BAB V-dikonversi.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN-dikonversi.pdf

Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menjadi faktor utama adanya kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika terutama dalam menyelesaikan soal matematika bentuk cerita. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan pemecahan masalah matematika siswa berkepribadian melankolis dalam menyelesaikan soal matematika bentuk cerita, serta mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi kesulitan pemecahan masalah siswa melankolis dalam menyelesaikan soal matematika bentuk cerita. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek yang di gunakan yaitu siswa kelas VIIIA SMPN 10 Kab. Tebo. Instrumen yang di gunakan adalah angket tes kepribadian, soal tes pemecahan masalah matematika bentuk cerita, dan pedoman wawancara. Data dan sumber data yang di dapatkan berupa jawaban tes tertulis dari tes kepribadian, jawaban tertulis dari soal pemecahan masalah, dan pernyataan siswa dari hasil wawancara. Berdasarkan hasil tes kepribadian peneliti menemukan 4orang siswa berkepribadian melankolis, untuk subjek 1 diberi penamaan SM-1, untuk subjek 2 diberi penamaan Sm-2, untuk subjek 3 diberi penamaan Sm-3, dan untuk subjek 4 diberi penamaan Sm-4. Adapun kesulitan yang dialami oleh siswa melankolis pada penelitian ini yaitu dari keempat subjek (Sm-1, Sm-2, Sm-3, dan Sm-4) mengalami abnormalitas persepsi visual, perseverasi dan kesulitan dalam bahasa dan mebaca. Kemudian Sm-2, Sm-3, dan Sm-4 mengalami adanya gangguan hubungan keruangan. Selanjutnya Sm-1, Sm-2, dan Sm-4 mengalami kesulitan memahami symbol. Untuk faktor penyebab kesulitan pemecahan masalah matematika siswa melankolis yaitu adanya faktor intelektual yaitu berupa kesulitan dalam mengabstraksi faktor ini dialami oleh keempat subjek (Sm-1,Sm-2,Sm-3, dan Sm-4), Kemudian selain itu Sm-1 mengalami faktor berupa kurangnya daya ingat, dan Sm-4 mengalami faktor kesulitan menggunakan konsep terutama pada materu SPLDV

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: HIKMA RANI
Date Deposited: 25 Mar 2021 01:34
Last Modified: 25 Mar 2021 01:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19141

Actions (login required)

View Item View Item