RAMADANIA, ADINDA (2021) ANALISIS KESIAPAN SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SDIT DINIYYAH AL-AZHAR JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
cover (1).pdf Download (28kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (275kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (15kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kesiapan Sekolah dalam Pembelajaran Jarak Jauh di SDIT Diniyyah Al-Azhar Jambi. Penelitian ini dilakukan di SDIT Diniyyah Al-Azhar Jambi pada bulan Januari-Februari 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data dalam penelitian ini berupa teks deskripsi mengenai kesiapan sekolah dalam pembelajaran jarak jauh di SDIT Diniyyah Al-Azhar Jambi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan Teknik analisis data menurut Miles dan Huberman. Dengan 3 tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Uji Validitas data menggunakan triangulasi Teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan yang dilakukan sekolah dalam pembelajaran jarak jauh di sekolah dasar sebagai berikut: (1) Memperhatikan mental serta pola fikir guru terlebih dahulu dalam perubahan system pembelajaran dari system pembelajaran tatap muka menjadi system pembelajaran jarak jauh. (2) Selanjutnya yaitu skill guru dalam mengembangkan dan mengelola kelas juga penting dalam persiapan pembelajaran jarak jauh, maka dari itu pihak sekolah baiknya agar memberi fasilitas berupa pelatihan-pelatihan kepada guru untuk menunjang kreatifitas guru dalam mengembangkan dan mengelola kelas selama melakukan pembelajaran jarak jauh. (3) Sekolah memberikan fasilitas yang memadai berupa sarana dan prasarana guna menunjang terlaksananya pembelajaran jarak jauh. (4) Selanjutnya yang perlu disiapkan dalam pembelajaran jarak jauh yaitu komunikasi yang lancar dengan orang tua/ wali murid, karena dalam pembelajaran jarak jauh khususnya pembelajaran daring yang sangat berperan adalah orang tua peserta didik, karna guru tidak bisa untuk mengontrol peserta didiknya secara langsung saat peserta didik belajar dari rumah. (5) Peraturan atau tata tertib yang harus diikuti oleh peserta didik itu juga cukup penting dalam penerapan pembelajaran jarak jauh. (6) Serta adanya jiwa saling berbagi antar guru dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Hal-hal tersebut adalah kesiapan yang pihak sekolah terapkan dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di SDIT Diniyyah Al-Azhar Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | ADINDA RAMADANIA |
Date Deposited: | 26 Mar 2021 02:01 |
Last Modified: | 26 Mar 2021 02:01 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19156 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |