Izatil Hasanah, Nada (2021) Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Kognitif pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover & Judul.pdf Download (23kB) |
![]() |
Text
Persetujuan & Pengesahan.pdf Download (422kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (113kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (40kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (163kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan representasi matematis siswa dengan gaya kognitif field independent dan gaya kognitif field dependent dalam menyelesaikan soal matematika di SMP khususnya pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII C SMP Negeri 22 Kota Jambi pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 4 siswa dengan rincian 2 orang siswa dengan gaya kognitif field independent dan 2 orang siswa dengan gaya kognitif field dependent. Pemilihan subjek penelitian berdasarkan perolehan skor tes gaya kognitif GEFT dan hasil diskusi dengan guru mata pelajaran. Instrumen dalam penelitian ini yaitu lembar soal tes representasi matematis dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan gaya kognitif field independent mampu menggunakan berbagai representasi dalam menentukan penyelesaian masalah matematika. Siswa FI memenuhi indikator-indikator pada aspek kemampuan representasi matematis yaitu aspek representasi visual, aspek representasi persamaan dan ekspresi matematis, dan aspek representasi kata atau teks tertulis. Siswa FI mampu menemukan penyelesaian masalah matematika dengan caranya sendiri, tidak hanya terpaku pada langkah penyelesaian yang telah diajarkan oleh guru. Siswa dengan gaya kognitif field dependent belum mampu menggunakan berbagai representasi dalam menentukan penyelesaian masalah matematika. Siswa FD tidak memenuhi indikator pada aspek representasi visual dan hanya memenuhi beberapa indikator pada aspek representasi persamaan dan ekspresi matematis dan aspek representasi kata atau teks tertulis. Siswa FD kesulitan merestrukturisasi situasi masalah dan kesulitan dalam menentukan penyelesaian masalah matematika terutama pada soal non rutin yang belum pernah diberikan oleh guru atau yang belum pernah dikerjakan. Perbedaan kemampuan representasi matematis siswa FI dan FD adalah kemampuan siswa dalam menggunakan ragam representasi, langkah-langkah pengerjaan soal, dan cara siswa dalam mengurai serta merestrukturisasi informasi. Siswa dengan gaya kognitif FI memiliki kemampuan representasi yang lebih baik dibandingkan siswa dengan gaya kognitif FD.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | CIKAL YUDHISTIRA LIASA |
Date Deposited: | 25 Mar 2021 07:41 |
Last Modified: | 25 Mar 2021 07:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19164 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |