Anggraini, Rika and Arsil, Arsil and Noviyanti, Silvina (2021) Implementasi Penggunaan Aplikasi Whatsapp dalam Mendukung Pembelajaran Siswa pada Masa Pandemi di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (117kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (133kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (32kB) |
Abstract
Kata kunci: Implementasi, Aplikasi whatsapp, Pembelajaran pada masa pandemi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pelaksanaan pembelajaran secara daring dengan cara mengimplementasikan penggunaan dari aplikasi whatsapp untuk mendukung pelaksanaan kegiatan pembelajaran secara daring di Sekolah Dasar Negeri 211/IX Mendalo Darat setelah dilakukannya observasi. Berdasarkan pernyataan dari guru yang berada di kelas tinggi yaitu guru kelas VI SD Negeri 211/IX Mendalo Darat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Penggunaan Aplikasi Whatsapp dalam Mendukung Pembelajaran Siswa pada Masa Pandemi di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN 211/IX Mendalo Darat pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi mengenai Implementasi Penggunaan Aplikasi Whatsapp dalam Mendukung Pembelajaran Siswa pada Masa Pandemi di Sekolah Dasar. Adapun subjek dalam penelitian ini ialah guru di kelas tinggi yaitu guru di kelas VI. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa implementasi penggunaan aplikasi whatsapp dalam mendukung pembelajaran siswa pada masa pandemi di sekolah dasar sangat berdampak positif dalam membantu siswa melaksanakan kegiatan pembelajaran di masa pandemi. Hasil yang dapat terlihat seperti siswa memiliki kesempatan untuk dapat belajar secara mandiri di rumah, memiliki pengalaman belajar dengan menggunakan alat-alat teknologi, pembelajaran dilaksanakan dengan menjadi lebih mudah, sederhana, dan diminati oleh siswa serta dapat memberikan ruang bagi siswa dan orang tua untuk dapat bekerjasama dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan di masa pandemi seperti saat ini. Dalam pelaksanaanya, guru mempersiapkan beberapa tahapan penting diantaranya seperti tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Setelah dilaksanakanya pembelajaran, ditemukan beberapa kendala yang dialami oleh guru, yaitu seperti: 1)Guru menyadari bahwa penyampaian materi yang diberikan kurang maksimal, 2)Tidak semua siswa memiliki handphone pribadi sehingga harus bergantian dengan teman atau anggota keluarga lainya, 3)Tugas yang diberikan oleh guru dengan yang dikerjakan oleh siswa masih belum sepenuhnya tercapai sesuai dengan yang diharapkan oleh guru, 4)Terdapat beberapa anak yang sama sekali tidak aktif dalam kegiatan pembelajaran bahkan tidak mengirimkan bukti foto laporan kegiatan pembelajaran di rumah, 5)Terdapat anak yang sudah mengirimkan tugas tetapi terkendala pada jaringan, 6)Terdapat handphone siswa yang tidak dapat membuka dokumen dalam bentuk file word
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Rika Anggraini |
Date Deposited: | 26 Mar 2021 02:29 |
Last Modified: | 26 Mar 2021 02:29 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19169 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |