Fitri, Penni Aida and Destrinelli, Destrinelli and Sherly Pamela, Issaura (2021) PEMBELAJARAN DARING DI KELAS I SDN 13/1 MUARA BULIAN. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI PENNI AIDA FITRI (A1D117249).pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER (1).pdf Download (26kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (48kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (42kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (232kB) |
Abstract
ABSTRAK Fitri, Penni Aida. 2021. Pembelajaran Daring Di Kelas I SDN 13/1 Muara Bulian. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd., (II) Issaura Sherly Pamela, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Pembelajaran Daring Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pembelajaran Daring di Kelas I SDN 13/1 Muara Bulian terkait dengan perencanaan, pelaksanaan, dan teknik evaluasi yang dilakukan guru dalam pembelajaran daring. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai Pembelajaran Daring di Kelas I SDN 13/1 Muara Bulian menunjukkan bahwa guru melaksanakan pembelajaran daring dengan jenis komunikasi asyncronous. Yang mana didalam pembelajaran daring dilaksanakan guru dengan chat di group whatshapp. Dalam melaksanakan pembelajaran daring ini, guru melakukan perencanaan dengan menyiapkan video pendukung pembelajaran,menyiapkan lembar kerja peserta didik (LKPD), dan menyiapkan gawai atau handphone yang digunakan guru untuk berkomunikasi dan menyampaikan materi beserta tugas kepada peserta didik. Pada saat proses pembelajaran, guru menjelaskan materi menggunakan vidio dan voice note. Pada saat guru mengirimkan video penjelasan materi kepada peserta didik guru memerintahkan peserta didik untuk menyimak video tersebut. Dengan mengirim video dapat memudahkan peserta didik untuk memahami materi pelajaran yang dipelajari karena bisa diulang mempelajari apabila ada materi yang belum dimengerti. Selain menggunakan video guru juga menjelaskan materi menggunakan voice note hal ini dilakukan guru untuk meminimalisir tidak cukupnya memori handphone orang tua peserta didik dalam membuka video pembelajaran. Metode yang digunakan guru dalam pembelajaran daring ini yaitu metode ceramah dan penugasan kepada peserta didik. Pada saat melakukan evaluasi pembelajaran guru menggunakan teknik evaluasi formatif dan sumatif. Pada evaluasi formatif dilakukan oleh guru pada saat proses pembelajaran berlangsung sesuai dengan materi yang dipelajari. Sedangkan evaluasi sumatif dilakukan guru pada akhir tema pembelajaran yang dilaksanakan pada mid semester dan ujian akhir semseter.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | PENNI AIDA FITRI |
Date Deposited: | 06 Apr 2021 05:18 |
Last Modified: | 06 Apr 2021 05:18 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19272 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |