Susanti, Linda Maryani and Suhandi, Andi and Budiono, Hendra (2021) Peran Guru Menciptakan Pembelajaran IPA Yang Bermakna Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI LINDA MARYANI SUSANTI (A1D117241).pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (827kB) |
![]() |
Text
IMG_20210406_140335.pdf Download (53kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (21kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (18kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru menciptakan pembelajaran IPA yang bermakna pada pembelajaran jarak jauh di sekolah dasar Penelitian ini dilakukan di SDN 111/I Muara Bulian pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi, pengumpulan data di peroleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji validitas data yaitu triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Tehnik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru telah meciptakan pembelajaran IPA yang bermakna dimana dalam mengoptimalkan pembelajaran guru menyediakan sumber belajar, metode, media dan evaluasi pembelajaran yang bervariasi. Sehingga pembelajaran yang terbentuk adalah pembelajaran yang melibatkan siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran tersebut.Proses belajar tidak sekedar menghafal konsep-konsep atau fakta-fakta belaka, tetapi merupakan kegiatan menghubungkan konsep-konsep untuk menghasilkan pemahaman yang utuh, dengan melibatkan siswa dalam belajar untuk mengalaminya secara langsung akan mengaktifkan lebih banyak panca indra sehingga pembelajaran lebih bermakna dibandingkan dengan hanya mendengar saja. Nantinya konsep yang di pelajari akan di pahami secara baik dan tidak mudah di lupakan. Kesimpulan dari penelitian ini adalahperan guru dalam pembelajaranmeliputi: penyediaan sumber belajar, penggunaan metode pembelajaran, penggunaan media pembelajaran dan evaluasi pembelajaran sudah berjalan dengan baik sehingga guru kelas VI di SDN 111/I Muara Bulian telah menciptakan pembelajaranIPA yang bermakna pada pembelajaran jarak jauh.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Depositing User: | LINDA MARYANI SUSANTI |
Date Deposited: | 06 Apr 2021 07:40 |
Last Modified: | 06 Apr 2021 07:40 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19293 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |