PERAN GURU DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SAAT PANDEMI COVID-19

ANGGA ADITYA, RIZKI and Chan, Faizal and Alirmansyah, Alirmansyah (2021) PERAN GURU DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SAAT PANDEMI COVID-19. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (472kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (376kB)
[img] Text
HAL.PERSETUJUAN.pdf

Download (268kB)
[img] Text
HAL.PENGESAHAN.pdf

Download (271kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (547kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (525kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (591kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (634kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (557kB)
[img] Text
SKRIPSI RIZKI ANGGA ADITYA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Angga Aditya, Rizki. 2020. ‘‘Peran Guru Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Secara Daring’’. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Anak Usia Dini Dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Dosen Pembimbing (1) Drs. Faizal Chan, S.Pd, M.Si (2) Alirmansyah, S.Pd, M.Pd Kata kunci: peran guru, pendidikan karakter, pembelajaran daring Berdasarkan observasi awal yang dilakukan pada tanggal 13 oktober tahun 2020 di SD Negeri No. 111/I Muara Bulian. Peneliti menemukan bahwadalam menanamkan karakter peserta didik bukan merupakan pekerjaan yang mudah dan tidak dapat dilakukan dalam waktu singkat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses peran guru dalam menanamkan pendidikan karakter pada pembelajaran secara daring. Walaupun pembelajaran dilakukan secara daring dan menanamkan karakter sangat sulit dilakukan tetapi peserta didik yang berada di sekolah tersebut memiliki karakter yang cukup baik, dimana mereka memiliki nilai karakter percaya diri serta sopan dan santun ketika berbicara dengan orang lain. Hal ini dikarenakan peranan guru yang dilakukan pada waktu proses pembelajaran berlangsung. Hal ini sesuai dengan hasil wawancara kepada guru kelas IV di SD Negeri 111/I Muara Bulian. Bahwa dalam menanamkan pendidikan karakter peserta didik guru melakukan perannannya seperti: peran sebagai model/tauladan, peran sebagai pendidik, peran sebagai pengajar serta peran sebagai evaluator. Berdasarkan rumusan masalah yang telah dikemukakan, maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peran guru dalam menanamkan pendidikan karakter pada pembelajaran secara daring. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, yang mengambil lokasi di SDN 111/I Muara Bulian.Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder.Tehnik yang digunakan dalam pengumpalan data adalah metode observasi, metode dokumentasi dan metode wawancar.Tehnik analisis data yang digunakan adalah reduction, display, dan conclusion. Berdasarkan penilitian yang dilakukan melalui wawancara, observasi bahwa peran guru dalam menanamkan pendidikan karakter pada saat ini melalui pembelajaran secara daring. Peran guru sangat penting demi berjalannya pembelajaran pendidikan karakter, peran sebagai pendidik, peran sebagai pengajar, peran sebagai sumber belajar, peran sebagai fasilitator, peran sebagai pembimbing, peran sebagai demonstrator, peran sebagai pengelola, peran sebagai penasehat, peran sebagai innovator, peran sebagai motivator, peran sebagai pelatih dan peran sebagai evaluator. Pada pelaksanaan peranan guru tersebut diharapkan peserta didik mampu mengguasai nilai-nilai karakter yang ada.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: RIZKI ANGGA ADITYA
Date Deposited: 07 Apr 2021 03:49
Last Modified: 07 Apr 2021 03:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19305

Actions (login required)

View Item View Item