Cahyana, Fatma and Chan, Faizal and Budiono, Hendra (2021) KENDALA GURU DALAM MENGHADAPI SISWA SLOW LEARNER PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH INKLUSIF KELAS IV SDN 131/IV KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Skripsi Fatma Cahyana.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER-dikonversi.pdf Download (55kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text
BAB I-dikonversi.pdf Download (142kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (152kB) |
Abstract
ABSTAK Cahyana, Fatma 2021. Kendala Guru dalam Menghadapi Siswa Slow Learner pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Inklusif Kelas IV SDN 131/IV Kota Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Faizal Chan S.Pd, M.S.i, (II) Hendra Budiono, S.Pd. M.Pd Kata Kunci : Kendala Guru, Siswa Slow Learner, Pandemi Covid-19 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala guru dalam menghadapi siswa slow learner pada masa pandemi covid-19 di Sekolah Inklusif Kelas IVA SD Negeri 131/IV Kota Jambi Tahun Pelajaran 2021/2022 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian fenomenologi. Informan yang dipilih dalam penelitian ini yaitu Guru Kelas IVA dan siswa yang teridentifikasi slow learner di kelaas IV A SD Negeri 131/IV Kota Jambi. Data dalam penelitian ini berupa deskripsi kendala guru dalam menghadapi siswa slow learner. Data yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Insrtumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi dan wawancara. Pengujian keabsahan data meggunakan uji krebilitas data dengan metode triangualasi data Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yang terdiri dari 3 tahap yaitu reduksi data, display data, verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa kendala guru kelas IVA dalam menghadapi siswa slow learner antara lain: (1) kendala dalam pengelolaan pelaksanaan pembelajaran terhadap siswa slow learner (2) kendala dalam proses komunikasi terhadap siswa slow learner (3) kendala terhadap partisipasi peserta didik slow learner (4) modifikasi materi terhadap siswa slow learner (5) kendala dalam pemberian tugas terhadap siswa slow learner (6) kendala penilaian terhadap peserta didik slow learner. Penanggulangan yang dilakukan oleh guru kelas IVA adalah (1) memberi penguatan atau umpan balik positif, (2) melakukan pendekatan individual terhadap siswa slow learner serta (3) membuat rencana tindak lanjut berupa surat pernyataan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | FATMA CAHYANA |
Date Deposited: | 07 Apr 2021 07:13 |
Last Modified: | 07 Apr 2021 07:13 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19315 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |