PURWASIH, DEWI RATI (2021) PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 5 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
cover.pdf Download (42kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (55kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (97kB) |
Abstract
Rati Purwasih, Dewi. 2021. Pelaksanaan Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMK Negeri 5 Kota Jambi. Skripsi, Administrasi Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing (I): Dr. Mohamad Muspawi, S.Pd.I, M.Pd.I. Pembimbing (II): Bradley Setiyadi, S.Pt., M.Pd. Kata Kunci: Pelaksanaan Supervisi Akademik, Pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK Negeri 5 Kota Jambi serta faktor-faktor apa saja yang menjadi kendala dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang ada di SMK Negeri 5 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif berdasarkan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 5 Kota Jambi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kurikulum, wakil kesiswaan, serta perwakilan beberapa guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data dimulai dari menelaah seluruh data wawancara dan studi dokumentasi, dilanjutkan dengan melakukan reduksi data, menyajikan data dan verifikasi data untuk dapat mengambil kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pelaksanaan Supervisi Akademik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran secara objektif sudah cukup baik dan sangat signifikan terhadap keberhasilan dalam melaksanakan pembelajaran secara Online (daring). Hal ini dapat dilihat dalam beberapa hal yang dilakukan kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi kepada guru-guru yang ada di sekolah guna untuk mengetahui tingkat kedisiplinan guru, kinerja guru dalam mengajar, dan keefektifan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang ada disekolah baik secara secara tatap muka maupun secara online (daring) yang dilakukan oleh guru terhadap siswa, begitupun kepala sekolah juga memantau guru dalam melaksanakan pembelajaran secara online, baik menggunakan via zoom, maupun media pembelajaran lainnya seperta Whatsapp, Telegram, Facebook, maupun secara tatap muka terhadap beberapa siswa yang memiliki kendala dalam belajar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Dewi Rati Purwasih |
Date Deposited: | 12 Apr 2021 08:06 |
Last Modified: | 12 Apr 2021 08:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19415 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |