Simamora, Laura Dearni (2021) Keefektifan Web Tool Kahoot sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran secara Daring di Kelas III Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (306kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_A1D117044_LAURADEARNISIMAMORA_.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (49kB) |
Abstract
ABSTRAK Simamora, Laura Dearni. 2020. Keefektifan Web Tool Kahoot sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran secara Daring di Kelas III Sekolah Dasar : Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd., (II) Issaura Sherly Pamela, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Keefektifan, Kahoot, Evaluasi Pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat keefektifan web tool kahoot sebagai alat evaluasi pembelajaran secara daring di kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 111/I Muara Bulian pada Februari 2021. Data penelitian diperoleh melalui tes terhadap peserta didik di kelas IIIA dan kelas IIIB. Setelah peserta didik menyelsaikan tes, data dianalisis secara kuantitatif dengan uji homogenitas, uji Paired Sampe T Test, dan terakhir ialah penghitungan score N gain. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Web tool kahoot memiliki tingkat keefektifan sedang untuk digunakan sebagai alat evaluasi pembelajaran secara daring di kelas III SDN 111/I Muara Bulian. Hal itu disimpulkan berdasarkan perhitungan uji N-gain score dengan perolehan nilai rata-rata N-gain score untuk kelas eksperimen (Kahoot) ialah sebesar 0,4776 sehingga tingkat keefektifan yang diperoleh ialah sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan guru dapat menggunakan kahoot sebagai alat evaluasi pembelajaran terutama dalam kondisi daring karena didalamnya kahoot menyediakan berbagai fitur dan fasilitas yang mampu menambah semangat peserta didik dalam memecahkan kuis karena adanya back sound yang menantang, tampilan menarik dan berwarna serta fasilitas lainnya. Selain itu, kahoot dapat memudahkan guru dalam memantau hasil belajar peserta didik karena saat peserta didik menyelesaikan kuis maka skor atau nilai yang diperoleh akan keluar secara langsung.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | SIMAMORA |
Date Deposited: | 26 Apr 2021 02:20 |
Last Modified: | 26 Apr 2021 02:20 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19490 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |