Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning/PBL) : Kajian Atas Hasil-Hasil Penelitian

Dewi, Levy Citra (2021) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning/PBL) : Kajian Atas Hasil-Hasil Penelitian. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (42kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (34kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (39kB)

Abstract

Kata Kunci: Penerapan, Problem Based Learning (PBL), Keterampilan berpikir kritis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kritis siswa Sekolah Dasar berdasarkan penerapan model pembelajaran berbasis masalah Problem Based Learning (PBL) dimana para siswa dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran dengan berorientasikan kepada masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk keterampilan berpikir kritis siswa di sekolah dasar yang mencangkup perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, hasil belajar berpikir kritis siswa dan hubungan antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan keterampilan berpikir kritis. Adapun jenis penelitian ini bersifat studi pustaka yaitu penelitian yang mengkaji jurnal-jurnal penelitian dan sumber-sumber lainnya yang berkaitan keterampilan berpikir kritis dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berdasarkan hasil lapangan yang ada di artikel jurnal. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil-hasil penelitian pada topik penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk keterampilan berpikir kritis yang telah dipublikasikan pada berbagai jurnal online. Jumlah jurnal-jurnal yang diperoleh yaitu sebanyak 7 jurnal penelitian yang telah diseleksi sesuai dengan topik penelitian. Berdasarkan hasil review jurnal yang terdiri dari 7 buah jurnal yang diteliti berupa penelitian tindakan kelas dan kuantitatif dari tahun 2018 hingga 2020 dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk keterampilan berpikir kritis siswa telah dilakukan guru sudah sesuai dengan prosedur pembelajaran yang terintigrasi dalam langkah pembelajaran dan pemilihan metode pembelajaran yang mendukung siswa aktif berpikir mandiri berbasis masalah hal ini dibuktikan dengan perangkat mengajar guru yang sudah memasukkan sintax pembelajaran berbasis masalah. Pada proses pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) siswa diarahkan untuk belajar berdasarkan masalah yang kemudian akan dianalisis untuk mencari solusi hingga didapatkan kesimpulan yang tepat dari permasalahan tersebut. Selain itu Problem Based Learning (PBL) dengan keterampilan berpikir kritis memiliki hubungan yang saliang terkait dimana kedua istilah tersebut menitikberatkan siswa untuk memahami suatu masalah secara mendalam sehingga akan didapatkan kemampun menganalisa permasalahan yang baik dengan menerapkan model pembelajaran PBL maka keterampilan siswa akan lebih diasah dengan demikian hasil belajar juga akan ikut meningkat.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: LEVY CITRA DEWI
Date Deposited: 21 Apr 2021 02:02
Last Modified: 21 Apr 2021 02:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19520

Actions (login required)

View Item View Item