Adi Irawan, Tulus and Sofwan, Muhammad and Alirmansyah, Alirmansyah (2021) KEMAMPUAN GURU MENERAPKAN KETERAMPILAN BERTANYA PADA PEMBELAJARAN PKN KELAS IV SDN 115/X PANDAN JAYA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
1 SKRIPSI TULUS ADI IRAWAN (A1D117211) BISMILLAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (443kB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN TULUS.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN TULUS.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI (1).pdf Download (306kB) |
![]() |
Text
BAB I (1).pdf Download (138kB) |
![]() |
Text
BAB V (1).pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf Download (12kB) |
Abstract
Irawan, Tulus Adi : “Kemampuan Guru Menerapkan Keterampilan Bertanya pada Pembelajaran PKn Kelas IV SDN 115/X Pandan Jaya, Tanjung Jabung Timur”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Dosen Pembimbing (1) Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd (2) Alirmansyah, S.Pd,. M.Pd Kata kunci : Kemampuan Guru, Keterampilan Bertanya, Pembelajaran PKN Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya keterampilan guru dalam bertanya. Hal ini disebabkan guru belum sepenuhnya memahami beberapa komponen dalam keterampilan bertanya. Keterampilan bertanya merupakan keterampilan mengajar yang bersifat mendasar yang dipersyaratkan bagi penguasaan keterampilan berikutnya. Keterampilan bertanya tidak hanya bertujuan untuk memperoleh informasi, namun juga meningkatkan terjadinya interaksi antara guru dengan siswa. Adapun keterampilan bertanya meliputi keterampilan bertanya dasar dan keterampilan bertanya lanjut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sejauh mana kemampuan guru dalam menerapkan keterampilan bertanya pada pembelajaran PKn kelas IV SDN 115/X Pandan Jaya, Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi, data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul data di analisis, secara kualitatif menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian tentang kemampuan guru menerapkan keterampilan bertanya pada pembelajaran PKn Kelas IV SDN 115/X Pandan Jaya, Tanjung Jabung Timur dapat ditarik sebuah simpulan bahwa kemampuan guru dalam menerapkan keterampilan bertanya pada pembelajaran PKn kelas IV SDN 115/X Pandan Jaya, Tanjung Jabung Timur dari 2 aspek yaitu keterampilan bertanya dasar dan keterampilan bertanya lanjut secara umum adalah guru sudah sepenuhnya memahami komponen-komponen dalam keterampilan bertanya. Materi PKn yang dirasa cukup sulit untuk dipahami oleh siswa juga berpengaruh dalam menerapkan keterampilan bertanya. Selain itu guru sudah optimal dalam pemberian tuntunan. Untuk keterampilan bertanya lanjut, guru menggunakan pertanyaan pelacak, dikarenakan pertanyaan guru sendiri masih pada tingkat kemampuan mengingat dan memahami. Guru juga meningkatkan interaksi di dalam kelas. Siswa sudah sering untuk bertanya dan mengajukan pendapatnya. Selain itu, guru juga mengevaluasi dirinya sendiri setelah melakukan pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | TULUS ADI IRAWAN |
Date Deposited: | 26 Apr 2021 06:36 |
Last Modified: | 26 Apr 2021 06:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19655 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |