PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 10 BUNGO TA. 2020/2021

Sihombing, Agustina and Ekawarna, Ekawarna and Refnida, Refnida (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 10 BUNGO TA. 2020/2021. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (50kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (37kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (59kB)
[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (60kB)

Abstract

Sihombing, Agustina. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 10 Bungo Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Negeri Jambi, Pembimbing (I) Prof. Dr. Drs. Ekawarna, M.Psi. (II) Dra. Refnida, M.E. Kata Kunci : Reciprocal Teaching, Hasil Belajar, Ekonomi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dan belum mencapai kriteria ketuntasan minimal atau KKM yaitu 65. Hal ini disebabkan model pembelajaran yang digunakan masih kurang efektif, menyebabkan aktivitas belajar yang tidak aktif sehingga berdampak pada ketidak tercapaian hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 10 Bungo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan design quasi experimental, yang dilakukan terhadap dua kelas sampel yang berbeda. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPS SMA Negeri 10 Bungo, dengan memberikan pre-test sebelum dilakukan perlakuan dan post-test setelah dilakukan perlakuan dengan model pembelajaran yang digunakan pada setiap kelas.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 10 Bungo Tahun Ajaran 2020/2021. Ini dapat dibuktikan dengan taraf signifikan 0,05 adalah 1,996 dan thitung lebih besar dari ttabel yaitu 13,01 > 1,996. 2) Terdapat perbedaan antara model pembelajaran kooperatif tipe reciprocal teaching dan model konvensional terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 10 Bungo. Dengan nilai Xhitung>xtabel yaitu hasil yang di peroleh Xhitung 39,445698 sedangkan hasil yang diperoleh Xtabel sebesar 3,841. Saran yang dapat disampaikan kepada guru 1) Diharapkan kepada pendidik agar dapat menerapkan model pembelajaran yang bervariasi sesuai dengan materi yang akan di ajarkan agar pembelajaran bisa berjalan dengan baik dan menyenangkan. 2) Disarankan juga kepada pihak lain untuk meneliti hal yang sama agar dapat dijadikan suatu pembanding dengan penelitian ini.�

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: AGUSTINA SIHOMBING
Date Deposited: 26 Apr 2021 06:36
Last Modified: 26 Apr 2021 06:36
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19666

Actions (login required)

View Item View Item