Pratama Saputra, Ferdi (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Laboratory Dengan Menggunakan Adobe Flash Professional CS 6 Pada Materi Termokimia Di Kelas XI MIPA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Skripsi Full.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan dan Halaman Pengesahan.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (66kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Praktikum merupakan kegiatan yang dilakukan oleh siswa di laboratorium dengan kelengkapan alat dan bahan serta ruangan yang dapat digunakan dalam kegiatan praktikum, tetapi tidak semua sekolah memiliki sarana dan prasarana yang memadai agar terlaksananya kegiatan praktikum. Salah satu media yang dapat digunakan untuk mengatasi ketebatasan alat dan bahan bahan kimia dalam kegiatan praktikum adalah virtual laboratory. Virtual Laboratory merupakan media yang dapat digunakan sebagai simulasi praktikum dengan menggunakan bantuan sofware, dengan virtual laboratory ini diharapkan siswa mampu memahami konsep pembelajaran kimia dalam materi termokimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Virtual Laboratory menggunakan Adobe Flash Professional CS 6 pada materi termokimia dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Virtual Laboratory berdasarkan tim ahli, praktisi pendidikan serta respon peserta didik kelas XI MIPA SMAN 12 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pemgembangan Lee & Owens. Instrument penelitian yang digunakan berupa lembar wawancara dan angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta dinilai oleh guru yang selanjutnya diujicobakan pada kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (rata-rata skor jawaban dan persentase). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian dari ahli materi dan ahli media, memberikan penilaian dengan kriteria “Sangat Baik” dan di nyatakan “Layak” untuk diujicobakan. Media pembelajaran ini juga mendapatkan penilaian dari praktisi pendidikan dengan kategori “Sangat Baik”, serta mendapat respon “Sangat Baik” oleh peserta didik dengan persentase 88,40%. Berdasarkan pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Virtual Laboratory menggunakan Adobe Flash Professional CS 6 pada materi termokimia sangat baik dan layak di gunakan sebagai salah satu alat bantu pada pembelajaran materi termokimia.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | FERDI PRATAMA SAPUTRA |
Date Deposited: | 27 Apr 2021 03:30 |
Last Modified: | 27 Apr 2021 03:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19673 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |