Septiana, Veni (2021) PERSEPSI GURU PADA SISTEM PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Skripsi_Veni_Septiana.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (20kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (620kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (572kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (21kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (126kB) |
Abstract
ABSTRAK Septiana, Veni. 2021. Persepsi Guru Pada Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan di SD Negeri No 211/IX Mendalo Darat: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Yantoro, S.Pd, M.Pd., (II) Muhammad Sholeh, S.Pd, M.Pd. Kata kunci: Persepsi, Pembelajaran Dalam Jaringan. Persepsi adalah proses penerimaan rangsang (kualitas, objek, peritstiwa, maupun hubungan antar gejala) hingga rangsang itu dimengerti serta disadari. Respon individu terhadap suatu objek dapat diwujudkan berdasarkan tingkah laku dan bentuk sikap individu itu sendiri tentang apa yang dipersepsikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru pada sistem pembelajaran dalam jaringan di Sekolah Dasar Negeri 211/IX Mendalo Darat dalam memahami persepsi guru pada sistem pembelajaran dalam jaringan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 211/IX Mendalo Darat pada Januari 2021. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan wawancara dengan guru kelas tinggi (sebagai data utama) dan data dokumentasi (sebagai data penunjang), setelah melakukan wawancara dan dokumentasi, data dianalisis secara kualitatif dengan analisis data Miles and Huberman dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan skesimpilan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi guru berbeda-beda namun mempunyai inti yang sama terhadap sistem pembelajaran dalam jaringan, dibutuhkan kreatifitas guru dalam perencanaan dan pelaksanaan sistem dalam jaringan seperti membuat RPP daring, menggunakan pendekatan, strategi, metode serta media dan sumber belajar yang kreatif. Sistem pembelajaran dalam jaringan juga memerlukan ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai, memerlukan peran serta orang tua yang tinggi di dalamnya. Terlepas dari semua itu sistem pembelajaran dalam jaringan ini juga memiliki kelebihan yaitu membuat peserta didik lebih mandiri dalam mengerjakan tugas, kemudian bisa bertanya jawab kapan saja dan dimana saja, dan mencegah penyebaran virus covid-19. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa persepsi guru lebih mengarah kearah yang negatif, guru masih mengalami banyak kendala pada sistem pembelajaran dalam jaringan di Sekolah Dasar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Veni Septiana |
Date Deposited: | 27 Apr 2021 04:00 |
Last Modified: | 27 Apr 2021 04:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19690 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |