PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN SOFTWARE CABRI II PLUS UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN KELAS IX SMP

Zulkarnain, Mhd. Azmi (2021) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN SOFTWARE CABRI II PLUS UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN KELAS IX SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (148kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (560kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (321kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang digunakan di SMP Negeri 29 Kerinci belum menunjukkan kegiatan yang aktif, bermakna, dan mendukung kemampuan pemecahan masalah dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan Untuk menghasilkan LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Software Cabri II Plus di tinjau dari kriteria Valid dan Praktis untuk Mendukung Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan Kelas IX SMP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi instrument, angket validasi desain, angket validasi materi, angket respon pendidik (guru), dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil Penelitian pengembangan ini adalah (1) LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Software Cabri II Plus untuk Mendukung Kemampuan Pemecahan Masalah pada materi kesebangunan dan kekongreunan kelas IX SMP yang dilaksanakan melalui beberapa tahapan model pengembangan ADDIE, (2) Hasil kevalidan LKPD, dilihat dari validasi oleh ahli desain dan ahli materi dengan presentase berturut-turut adalah 85% dan 79,20% dengan kategori “ valid dan sangat valid’. Hasil kepraktisan LKPD, dilihat dari uji coba perorangan terhadap guru (angket respon guru) dan uji coba kelompok kecil terhadap 9 orang siswa (angket respon peserta didik) dengan presentase berturut-turut adalah 94,67% dan 94,07% dengan kategori keduanya “sangat praktis”. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa) LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Software Cabri II Plus untuk Mendukung Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi kesebangunan dan kekongreunan kelas IX SMP dapat digunakan dalam pembelajaran matematika.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: MHD. AZMI ZULKARNAIN
Date Deposited: 19 May 2021 06:28
Last Modified: 19 May 2021 06:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19749

Actions (login required)

View Item View Item