PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR

Afiska Putri, Yulia (2021) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
REPOSITORY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Cover - Copy.pdf

Download (65kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (167kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (19kB)

Abstract

ABSTRAK Putri, Y.A. 2021. Penerapan Media Pembelajaran Video Dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Dr. Eko Kuntarto, M.Pd., M.Comp.Eng., (II) Drs. Faizal Chan, S.Pd., M.Si. Kata kunci : Penerapan media pembelajaran video, Pembelajaran daring Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media pembelajaran video dalam pembelajaran daring di sekolah dasar Kartika II-4 Kota Jambi tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah dasar Kartika II-4 Kota Jambi pada januari 2021. Data penelitian diperoleh dengan wawancara guru kelas VI sebagai informan (data utama), pengamatan pada grup whtasapp kelas VI (data penunjang). Dan menyebarkan kuisioner pada siswa kelas VI (data penunjang). Setelah data diperoleh, data direduksi kemudian disajikan agar dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan media pembelajaran video dalam pembelajaran daring di sekolah dasar kartika II-4 Kota Jambi memiliki tiga tahap dalam penerapannya. (1) persiapan, kegiatannya berupa guru mempersiapkan RPP yang telah dimodifikasi menyesuaikan kondisi pembelajaran yang dilaksanakan secara daring, kemudian guru mengacu pada materi pembelajaran untuk mencari video pembelajaran di youtube. (2) yaitu pelaksanaan, kegiatannya berupa proses pembelajaran yang mengacu pada RPP yaitu terdapat bagian pendahuluan, inti, dan penutup. (3) yaitu evaluasi, kegiatannya berupa penilaian sikap (afektif) yang diperoleh guru dari cara siswa mengikuti proses pembelajaran secara daring, penilaian pengetahuan (kognitif) yang diperoleh dari tugas-tugas yang dikerjakan siswa selama pembelajaran daring. Dan penilaian keterampilan (psikomotor) diperoleh guru dari tugas proyek dan praktek yang dikirim siswa melalui whatsapp. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan penulis, diharapkan proses pembelajaran baik itu secara daring maupun luring perlu adanya penggunaan media pembelajaran sebagai penghubung dan mempermudah siswa memahami materi, dan adanya peningkatan dan perbaikan dalam penerapan media pembelajaran video di sekolah dasar.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: YULIA AFISKA PUTRI
Date Deposited: 21 May 2021 01:15
Last Modified: 21 May 2021 01:15
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19876

Actions (login required)

View Item View Item