Nazila, Hikmatun (2021) PENGARUH IKLIM KELAS DAN KEDISPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 6 MUARO JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVERR.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI,TABEL,BAGAN,LAMPIRAN.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (12kB) |
Abstract
ABSTRAK Nazila, Hikmatun. 2021. Pengaruh Iklim kelas dan Kedisiplinan Belajar terhadap Hasil Belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 6 Muaro Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. H. Arpizal, M.Pd., (II) Ahmad Nasori, S.Pd.,M.Pd Kata Kunci: Iklim Kelas, Kedisiplinan Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini diambil dengan adanya masalah mengenai hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS (pada ranah kognitif) yang masih tergolong rendah. Iklim kelas yang kurang kondusif membuat konsentrasi siswa saat belajar terganggu, selanjutnya ketika proses pembelajaran terjadi siswa kurang disiplin, masih banyak siswa yang terlambat maupun bolos saat mata pelajaran ekonomi. Dua hal tersebut sangat mempengaruhi hasil belajar yang diperoleh oleh siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh: (1) Iklim Kelas terhadap Hasil Belajar, (2) Kedisiplinan Belajar terhadap Hasil Belajar, (3) Iklim Kelas dan Kedisiplinan Belajar terhadap Hasil Belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Ex-post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Muaro Jambi sebanyak tiga kelas dengan jumlah seluruh siswa 95 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh Iklim Kelas terhadap Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dilihat pada nilai thitung > ttabel yaitu 6,628 > 1,66140. (2) Terdapat pengaruh Kedisiplinan Belajar terhadap Hasil Belajar pada mata pelajaran ekonomi dilihat pada nilai thitung > ttabel yaitu 4,220 > 1,66140. (3) Terdapat pengaruh secara simultan Iklim kelas dan Kedisiplinan Belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi dilitat pada nilai Fhitung > Ftabel yaitu 34,656 > 3,09 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,430 yang berarti bahwa hasil belajar diperngaruhi oleh iklim kelas dan kedisiplinan belajar sebesar 43% dan sisanya 57% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini. Maka dapat disimpulkan bahwa iklim kelas dan disiplin belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran eknomi kelas XI IPS SMA Negeri 6 Muaro Jambi. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru mata pelajaran ekonomi dapat membantu siswa dalam memberi bimbingan pada proses pembelajaran, dan menciptakan iklim kelas dan disiplin belajar yang baik agar siswa menjadi nyaman saat mengikuti proses pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | HIKMATUN NAZILA |
Date Deposited: | 21 May 2021 02:50 |
Last Modified: | 21 May 2021 02:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19882 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |