ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN IPA MELALUI LESSON STUDY BERBASIS TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS PADA MATERI TEKANAN ZAT DI SMP ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI

Riana, Puspa Cantika (2021) ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN IPA MELALUI LESSON STUDY BERBASIS TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS PADA MATERI TEKANAN ZAT DI SMP ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (197kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (256kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (186kB)

Abstract

Riana, Puspa Cantika. 2021. Analisis Proses Pembelajaran IPA Melalui Lesson Study Berbasis Transcript Based Lesson Analysis pada Materi Tekanan Zat di SMP Islam Al-Falah Kota Jambi: Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Nova Susanti, S.Pd.,M.Si., (II) Dian Pertiwi Rasmi, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Transcript Based Lesson Analysis, Lesson Study, Proses Pembelajaran IPA Latar belakang penelitian ini dilakukan Transcript Based Lesson Analysis merupakan analisis pembelajaran berbasis bukti yang digunakan untuk menganalisis proses pembelajaran IPA yang terlaksana apakah bersifat TCL (Teacher Centered Learning) atau SCL (Student Centered Learning). Hal itu dikarenakan bahwa pembelajaran yang seharusnya terjadi pada abad 21 ini bersifat SCL, akantetapi masih ditemukannya proses pembelajaran yang bersifat TCL. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan lesson study dalam proses pembelajaran IPA dan menganalisis proses pembelajaran IPA berbasis transcript based lesson analysis pada materi tekanan zat di SMP Islam AL-Falah Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Al-Falah Kota Jambi pada 18 Januari sampai 22 Februari 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII 3 yang terdiri dari 32 siswa dan sampel penelitian adalah 2 orang siswa kelas VIII 3 yang di pilih menggunakan teknik non-probability sampling. Upaya yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan menerapkan program pembelajaran lesson study melalui tiga tahapan yaitu, perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan refleksi (see). Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan rekaman video pembelajaran, dokumentasi, dan lembar catatan lapangan pengelitian. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus lesson study. Hasil penelitian yang diperoleh pada siklus 1 dari analisis transkrip pembelajaran secara keseluruhan pembelajaran didominasi oleh guru, tetapi siswa juga cukup banyak yang aktif dalam pembelajaran. Jumlah siswa yang aktif pada siklus 1 sebanyak 8 orang. Sedangkan pada siklus 2 jumlah siswa yang aktif sebanyak 13 siswa. Terjadinya penambahan siswa yang aktif dalam pembelajaran dikarenakan adanya sistem diskusi dalam belajar dan semangat untuk belajar dari diri siswa masing-masing. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bersifat TCL (Teacher Centered Learning). Oleh karena itu disarankan agar guru bisa menerapkan lesson study berbasis transcrip based lesson analysis untuk dapat membantu guru dalam memperbaiki pembelajaran agar menjadi lebih efektif dan tercapainya tujuan pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: PUSPA CANTIKA RIANA
Date Deposited: 27 May 2021 02:51
Last Modified: 27 May 2021 02:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19944

Actions (login required)

View Item View Item