Hutauruk, Novri Elisabeth (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIC THREE-TIER UNTUK MELIHAT LEVEL CONCEPTUAL CHANGE SISWA PADA MATERI KALOR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (481kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (798kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (834kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (483kB) |
Abstract
ABSTRAK Elisabeth, Novri. 2021. Pengembangan Instrumen Tes Diagnostic Three-Tier Untuk Melihat Level Conceptual Change Siswa Pada Materi Kalor : Skripsi, Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Menza Hendri, M.Pd, (II) Dian Pertiwi Rasmi, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Pengembangan, Tes Diagnostic Three-Tier, Conceptual Change, Konseptual, Kalor. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk instrumen tes diagnostik dan melihat kelayakannya melalui pengembangan instrumen tes diagnostic three-tier untuk melihat level conceptual change siswa pada materi kalor. Penelitian ini menggunakan desain penelitian ADDIE. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan instrumen tes yang telah disusun. Teknik analisis data dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal.. Hasil uji validitas diperoleh 67% valid dan 37% tidak valid, uji reliabilitas 0,4378 dengan kategori cukup reliabel, uji tingkat kesukaran 0,225319 dengan kategori sukar dan uji daya beda 20% baik, 40% cukup baik dan 40% buruk. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa produk hasil dari pengembangan instrumen tes diagnostik untuk melihat level conceptual change siswa pada materi kalor sudah cukup baik dengan jumlah soal yang dapat dipakai adalah 10 soal karena dari 15 soal hanya 10 soal yang valid yaitu soal nomor 2, 3, 4, 5, 6, 7, 10, 12, 13, dan 14 yang dapat digunakan oleh guru sebagai instrumen dalam pembelajaran, serta dapat melihat tingkat perubahan konsep siswa setelah melakukan pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | HUTAURUK |
Date Deposited: | 27 May 2021 06:54 |
Last Modified: | 27 May 2021 06:54 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19965 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |