Fradini, Silvy Wahyu (2021) ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DAN KORELASINYA DENGAN KETERAMPILAN METAKOGNISI PESERTA DIDIK DALAM PEMECAHAN MASALAH STOIKIOMETRI DI SMAN 6 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (1MB) |
Abstract
Fradini, S.W., 2021. Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Korelasinya dengan Keterampilan Metakognisi Peserta Didik dalam Pemecahan Masalah Stoikiometri di SMAN 6 Kota Jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing I: Drs. Fuldiaratman, M.Pd, Pembimbing II: Drs. Affan Malik, M.E Kata Kunci: Model Think Pair Share (TPS), Keterampilan Metakognisi, Stoikiometri. Dalam proses pembelajaran dibutuhkan suatu model pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan metakognisi peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model Think Pair Share (TPS). Model Think Pair Share (TPS) merupakan model yang memungkinkan peserta didik untuk lebih aktif dan bertanggung jawab penuh untuk memahami materi pelajaran dengan keterampilan berpikir yang dimilikinya baik secara kolektif maupun individual. Model ini membantu peserta didik untuk berpikir, berpasangan dan berbagi antar teman sekelas. Model Think Pair Share (TPS) dilandasi oleh teori konstruktivisme yang menyatakan bahwa peserta didik harus menemukan sendiri dan mentransformasikan informasi kompleks, mengecek informasi baru dengan aturan-aturan lama dan merevisinya apabila aturan-aturan itu tidak lagi sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan korelasinya dengan keterampilan metakognisi peserta didik pada materi stoikiometri di SMAN 6 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model triangulasi konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas X MIPA 1. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model Think Pair Share (TPS) oleh guru maupun peserta didik dan tes essay keterampilan metakognisi. Untuk melihat korelasi keterlaksanaan model Think Pair Share (TPS) dengan keterampilan metakognisi peserta didik dilakukan uji korelasi product moment pearson. Keterlaksanaan model Think Pair Share (TPS) oleh peserta didik sebesar 75,22% dengan kategori baik dan persentase keterampilan metakognisi peserta didik sebesar 72,08%. Korelasi keterlaksanaan model Think Pair Share (TPS) dengan keterampilan metakognisi peserta didik diperoleh rxy=0,74 dengan tingkat korelasi kuat. Hasil uji koefisien determinasi keterlaksanaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan keterampilan metakognisi peserta didik diperoleh KD = 54,76% dengan tingkat korelasi sedang, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara keterlaksanaan model Think Pair Share (TPS) dengan keterampilan metakognisi peserta didik dalam pemecahan masalah stoikiometri di SMAN 6 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Silvy Wahyu Fradini |
Date Deposited: | 02 Jun 2021 03:47 |
Last Modified: | 02 Jun 2021 03:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19993 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |