Abdurrahman, Rd (2021) Pengembangan e-Modul Interaktif Menggunakan Software 3D Pageflip Professional Berorientasi Chemo-Entrepreneurship pada Materi Sistem Koloid. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
cover.pdf Download (48kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (76kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (60kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (75kB) |
Abstract
Abdurrahman, Rd. 2021. “Pengembangan e-Modul Interaktif Menggunakan Software 3D Pageflip Professional Berorientasi Chemo-Entrepreneurship pada Materi Sistem Koloid”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. Fuldiaratman, M.Pd (II) Afrida, S.Si., M.Si. Kata Kunci: e-Modul, 3D Pageflip Professional, Chemo-Entrepreneursip, Sistem Koloid Mata pelajaran kimia merupakan mata pelajaran yang terfokus pada bagaimana siswa memahami konsep, prinsip, hukum dan teori kimia serta keterkaitannya antara ilmu kimia itu dengan penerapannya di kehidupan sehari-hari guna menyelesaikan suatu masalah. Pendekatan Chemo-Entrepreneurship (CEP) hadir sebagai salah satu pendekatan yang tepat dalam pembelajaran kimia. CEP merupakan suatu pendekatan pembelajaran kimia yang kontekstual yaitu mengaitkan pembelajaran dengan objek nyata sehingga selain mempelajari materi, siswa juga dapat mempelajari proses pengolahan suatu bahan menjadi produk yang bermanfaat, bernilai ekonomi dan menumbuhkan semangat berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar e-Modul Interaktif Menggunakan Software 3D Pageflip Professional Berorientasi Chemo-Entrepreneurship pada Materi Sistem Koloid serta mengetahui penilaian guru dan respon siswa terhadap bahan ajar e-Modul yang dikembangkan di kelas XII MIPA SMAN 10 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara dan angket. Produk hasil dari pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta dinilai oleh guru yang selanjutnya diujicobakan pada kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (rata-rata skor jawaban dan persentase). Hasil dari penelitian diperoleh dari tim ahli desain dan materi serta ahli media, masing-masing diperoleh rerata skor penilaian sebesar 4,36 (sangat layak) dengan persentase 87,27% ; 4,23 (sangat layak) dengan persentase 84,76% ; 4,38 (sangat layak) dengan persentase 87,77% serta dinyatakan layak untuk diujicobakan. Selanjutnya berdasarkan dari tanggapan dan penilaian dari dua guru, diperoleh rerata skor sebesar 4,33 (sangat baik) dengan persentase 86,66% dan 4,46 (sangat baik) dengan persentase 89,33% dengan nilai Measure of Agreement Kappa yaitu 0,727 (baik) Serta mendapatkan respon yang sangat baik dari siswa dengan persentase respon siswa sebesar 86,7 %. Berdasarkan proses pengembangan dan hasil penelitian, disimpulkan bahwa bahan ajar e-Modul ini sangat baik dan layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar pada materi Sistem koloid.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Rd. Abdurrahman |
Date Deposited: | 02 Jun 2021 03:47 |
Last Modified: | 02 Jun 2021 03:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19998 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |