wahyuni, siti (2021) Identifikasi interaksi sosial siswa yang mengikuti organisasi osis d sma negeri kota jambi. S1 thesis, universitas jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (401kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (345kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN 6.docx Download (68kB) |
Abstract
ABSTRAK IDENTIFIKASI INTERAKSI SOSIAL SISWA YANG MENGIKUTI ORGANISASI OSIS DI SMA NEGERI KOTA JAMBI Peneliti : Siti Wahyuni NIM : A1E114022 Pembimbing : 1. Dr. Drs. Hendra Sofyan, M.Si 2. Drs. Nelyahardi, M.Pd Kata Kunci: Interaksi Sosial, Organisasi Osis Interaksi sosial merupakan salah satu kebutuhan dan kemampuan hidup yang harus dimiliki oleh seorang manusia untuk bertahan hidup. Kemampuan ini harus diolah sejak dini sehingga dapat berdampak baik bagi kehidupannya. Namun ada saat yang paling krisis dalam proses peningkatan kemampuan interaksi sosial ini yaitu pada saat manusia berada di masa remaja atau di masa sekolah menengah. Masa ini adalah masa pencarian jati diri manusia yang sering berakibat menjadikan manusia itu bersifat apatis dan merasa tidak membutuhkan orang lain sehingga mengurangi kemampuan interaksi sosialnya karena mereka akan cenderung berada di tempat yang nyaman bagi mereka tanpa mau keluar dari zonanya. Berdasarkan pengamatan peneliti di sekolah, salah satu cara untuk meningkatan kemampuan interaksi sosial manusia adalah dengan mengikuti organisasi. Organisasi yang paling berperan penting di sekolah adalah OSIS. Sebagian besar siswa yang mengikuti OSIS mampu berkembang menjadi siswa yang aktif dan berani berbicara di depan umum serta tidak takut berhadap dengan orang baru. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan interaksi sosial siswa yang mengikuti OSIS sebagian besar berkembang dengan baik. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk dapat melihat serta membuktikkan apakah benar OSIS mampu mengolah serta meningkatkan kemampuan interaksi dan komunikasi siswa dengan baik melalui penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan populasi siswa SMAN Kota Jambi yang mengikuti OSIS. Ada sebanyak 12 SMA Negeri yang menjadi obyek penelitian dengan jumlah siswa 540 siswa. Dari jumlah populasi itu kemudian dihitung sampel representatif sebanyak 119 siswa. Tekhnik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Alat yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan data yang diperoleh dihitung menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian interaksi sosial siswa yang mengikuti OSIS di SMA se-Kota Jambi berada pada kualitas “SANGAT BAIK” yaitu 91,8%. Sangat baik dalam penelitian ini berarti interaksi sosial siswa yang mengikuti OSIS di SMA se-Kota Jambi mengarah ke arah yang positif. Hal tersebut juga menunjukkan bahwa organisasi mampu membantu siswa memiliki kemampuan interaksi sosial yang positif.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | SITI WAHYUNI |
Date Deposited: | 02 Jun 2021 06:53 |
Last Modified: | 06 Jan 2022 06:20 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20047 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |