KEEFEKTIFAN QUIZIZZ SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR

Meliza, Arini and Kuntarto, Eko and Sofwan, Muhammad (2021) KEEFEKTIFAN QUIZIZZ SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR. Keefektifan Quizizz sebagai Alternatif Media Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar.

[img] Text
cover0200015010.pdf

Download (545kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (165kB)
[img] Text
bab10200015010.pdf

Download (124kB)
[img] Text
bab50200015010.pdf

Download (10kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (641kB)

Abstract

ABSTRAK Meliza, Arini. 2021. Keefektifan Quizizz sebagai Alternatif Media Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Eko Kuntarto, M.Pd, M.Comp.Eng (II) Silvina Noviyanti, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Keefektifan, Quizizz, Alternatif Media pembelajaran daring Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Quizizz Efektif digunakan sebagai Alternatif Media Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Adhyaksa I Kota Jambi tepatnya pada bulan Januari-Februari 2021. Data pada penelitian ini diperoleh melalui Pretest (sebelum diberikan perlakuan) dan Posttest (setelah diberikan perlakuan), dengan alat untuk mengambil data berupa Tes. Sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi yakni korelasi product moment. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIB SD Adhyaksa I Kota Jambi yang berjumlah 29 orang peserta didik. Hasil Penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan Quizizz sebagai alternatif media pembelajaran daring di Sekolah Dasar yakni sebagai berikut : (1) Quiziz sangat efektif digunakan sebagai alternatif media pembelajaran daring di Sekolah Dasar; (2) tingkat keefektifan Quizizz ditandakan dengan taraf nilai signifikan korelasi product moment sebesar 0,954** Nilai signifikansi 0,945** berada pada interval 0,80-1,000 dengan tingkat hubungan sangat efektif; (3) hal ini juga diperkuat dengan selisih antara hasil Pretest dan Posttest yakni 15,9655193. (4) uji lineritas juga penulis lakukan untuk semakin memperkuat bahwa terdapatnya hubungan yang linear antara variabel dependen dan variabel independen yakni sebesar 0,091. (5) Nilai signifikansi semakin memperkuat bahwa terdapatnya hubungan yang linear antara variabel dependen dan variabel independen yakni sebesar 2,102. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Quizizz dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran daring di Sekolah Dasar, serta disarankan agar Guru diharapkan dapat menjadikan Quizizz sebagai alternatif media pembelajaran yang cocok diaplikasikan pada masa pandemi saat ini.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Arini Meliza
Date Deposited: 04 Jun 2021 07:48
Last Modified: 04 Jun 2021 07:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20113

Actions (login required)

View Item View Item