ANALISIS PENGARUH KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP SIKAP SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP SE-KECAMATAN KOTA BARU

Pratiwi, Nur Ika Sandi (2021) ANALISIS PENGARUH KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP SIKAP SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP SE-KECAMATAN KOTA BARU. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER .pdf

Download (23kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan.pdf

Download (340kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (184kB)

Abstract

ABSTRAK Pratiwi, Nur Ika Sandi. 2021. Analisis Pengaruh Keaktifan Belajar Terhadap Sikap Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SMP Se-Kecamatan Kota Baru. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Astalini, M.Si., (II) Dwi Agus Kurniawan, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: sikap, keaktifan belajar, pengaruh, sekolah menengah pertama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara keaktifan belajar terhadap sikap siswa pada mata pelajaran IPA di SMP se-Kecamatan Kota Baru yaitu di SMP Negeri 18 Kota Jambi, SMP Negeri 21 Kota Jambi, dan SMP Negeri 24 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2020 – Maret 2021. Data Penelitian ini diperoleh dengan cara menyebarkan angket keaktifan belajar dan sikap siswa pada mata pelajaran IPA. Setelah angket dikembalikan, data dianalisis secara kuantitatif tipe regresi linear sederhana serta dengan deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak artinya terdapat pengaruh antara keaktifan belajar terhadap sikap siswa pada mata pelajaran IPA di SMP se-Kecamatan Kota Baru. Hal ini dibuktikan pada nilai signifikansi sebesar 0.000 yang memenuhi syarat < 0.05, dengan sumbangsih pengaruh variabel X (Keaktifan Belajar) terhadap variabel Y (Sikap) sebesar 15.8% sedangkan sisanya 84.2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini yang disebut dengan variabel intervening. Selanjutnya didapatkan pula persamaan regresi Y = 141.284 + 0.601x. Sehingga dapat disimpulkan apabila siswa memiliki keaktifan belajar yang baik, maka siswa juga akan menunjukkan sikap yang baik pula dalam belajar, terutama dalam belajar IPA.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: PRATIWI
Date Deposited: 11 Jun 2021 03:45
Last Modified: 11 Jun 2021 03:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20377

Actions (login required)

View Item View Item