EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR

MUHAMMAD ALI, IMRON (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
JUDUL.pdf

Download (188kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (211kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB)

Abstract

ABSTRAK EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR Oleh: MUHAMMAD ALI IMRON P2A619021 Program Studi Pendidikan Dasar Pademi covid-19 telah menjadikan perubahan seluruh tatanan kehidupan manusia di dunia pada umumnya dan di Indonesia pada khususnya, baik ekonomi, sosial, budaya, maupun pendidikan. Perubahan paling krusial yang dirasakan oleh dunia pendidikan adalah mengenai proses pembelajaran yang sebelum pandemi melalui proses tatap muka, maka selama pandemi ini dilakukan secara daring (dalam jaringan) atau online. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang efektivitas pembelajaran bahasa indonesia selama masa pandemi covid-19 di Sekolah Dasar Negeri 47/IV Kota Jambi. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dan analisis dokumen. Untuk teknik wawancara menggunakan jenis semi structured interview yaitu pertanyaan sudah dibuat tapi bisa disisipi pertanyaan lain yang berhubungan. Dokumen yang ditelaah yaitu tentang evaluasi daring. Sedangkan analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran daring pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas IV A selama masa pandemi covid-19 di SDN 47/IV Kota Jambi. sesuai hasil wawancara dinilai kurang efektif, karena pada saat pembelajaran bahasa indonesia berlangsung dengan menggunakan aplikasi zoom, siswa kurang memahami pembelajaran yang disampaikan guru pada saat memaparkan materi pembelajaran hal itu terlihat saat guru menanyakan kepada siswa tentang pembelajaran yang disampaikan disitu banyak siswa yang kurang memahami dan pada saat pembelajaran berlangsung tidak semua siswa hadir dalam aplikasi zoom hal ini juga memicu siswa kurang memahami pembelajran. Kelebihan dari pembelajaran daring disini adalah waktu belajar fleksibel, dapat diakses dengan mudah, maju dibidang teknologi. Sedangkan kekurangan pelaksanaan pembelajaran daring adalah guru tidak dapat berinteraksi secara langsung dengan siswa, minimnya interaksi antara sesama, saat pembelajaran daring guru tidak mengetahui perkembangan siswa secara nyata, serta terkadang tidak stabilnya jaringan internet. Kata kunci: Pembelajaran Daring, Pembelajaran Bahasa indonesia

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: MUHAMMAD ALI IMRON
Date Deposited: 15 Jun 2021 03:56
Last Modified: 15 Jun 2021 03:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20460

Actions (login required)

View Item View Item