SARI, VITRIA PURNAMA (2021) PENGARUH PENGUASAAN PENGGUNAAN APLIKASI ACCURATE ACCOUNTING DAN PENGETAHUAN PEMBELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2017. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (50kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf Download (53kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (44kB) |
Abstract
ABSTRAK Sari, Vitria Purnama. 2021. Pengaruh Penguasaan Penggunaan Aplikasi Accurate Accounting Dan Pengetahuan Pembeljaran Akuntansi Keuangan Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs. Suratno, M.Pd, (II) Iwan Putra, S.E., MS.Ak. Kata Kunci : Accurate Accounting, Akuntansi Keuangan, Hasil Belajar Hasil belajar merupakan bagian terpenting dalam pembelajaran, prestasi yang dicapai peserta didik dalam proses kegiatan belajar dengan membawa suatu perubahan dan pembentukan tingkah laku seseorang. Bahan ajar dan program aplikasi komputer akuntansi yang efektif tentu juga menjadi harapan dosen. Hal tersebut ditunjukkan dengan ketercapaian tujuan pembelajaran yang diliat dari peningkatan hasil belajar mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara: 1) Penguasaan Penggunaan Aplikasi Accurate Accounting terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017, 2) Pengetahuan Pembelajaran Akuntansi Keuangan terhadap Hasil Belajar Mahasiwa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017, 3) Penguasaan Penggunaan Aplikasi Accurate Accounting dan Pengetahuan Pembelajaran Akuntansi Keuangan terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan metode ex post facto. Adapun populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017 yang mengontrak matakuliah Akuntansi Keuangan dengan jumlah 80 orang. Tehknik pengumpulan data menggunakan kuisioner (angket) dengan bantuan google form. Teknik analisis data yang digunakan ialah uji normalitas data, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji parsial (uji t), uji simultan (uji F), koefisien determinasi secara simultan (R2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh prnguasaan penggunaan aplikasi Accurate accounting terhadap hasil belajar pada matakuliah Akuntansi Keuangan mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017 dilihat dari nilai thitung > ttabel atau 3,284 > 1,99085. (2) Terdapat pengaruh pengetahuan pembelajaran Akuntansi Keuangan terhadap Hasil Belajar pada matakuliah Akuntansi Keuangan mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017 dilihat dari nilai thitung > ttabel atau 2,207 > 1,99085. (3) terdapat pengaruh secara simultan antara penguasaan Accurate Accounting dan Pengetahuan Akuntansi Keuangan terhadaphasil belajar pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017. Pengaruh Penguasaan Penggunaan Aplikasi Accurate Accounting terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017 sebesar 26,2% hasil belajar mahasiswa ditentukan oleh penguasaan Accurate Accounting dan Pengetahuan Akuntansi Keuangan sedangkan sisanya 73,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penguasaan Accurate Accounting dan pengetahuan Akuntansi Keuangan terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017. Dari hasil simpulan disarankan agar mahasiswa untuk terus meningkatkan penguasaan penggunaan Aplikasi Accurate Accounting dan pengetahuan pembelajaran Akuntansi Keuangan untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | VITRIA PURNAMA SARI |
Date Deposited: | 14 Jun 2021 06:27 |
Last Modified: | 14 Jun 2021 06:27 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20484 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |