STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV PADA SISTEM BELAJAR DARING DI SEKOLAH DASAR

Purnama, siska (2021) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV PADA SISTEM BELAJAR DARING DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI_SISKA PURNAMA_A1D117207_PGSD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER .pdf

Download (378kB)
[img] Text
PERSETUJUAN, PENGESAHAN.pdf

Download (872kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (297kB)
[img] Text
DAFTAR PUSAKA.pdf

Download (120kB)

Abstract

ABSTRAK Purnama, Siska. 2021.Startegi Guru Dalam Menarik Minat Belajar Siswa Kelas IV Pada Sistem Belajar Daring Disekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Ahmad Hariandi, S.Pd.I., M.Ag., (II) Muhammad Sholeh, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Strategi Guru, Minat Belajar, Belajar Daring Minat adalah dorongan atau keinginan dari dalam diri seseorang yang adanya rasa suka dan tertarik pada suatu aktivitas atau objek tertentu tanpa adanya rasa paksaan. Kurangnya minat siswa dalam belajar hal tersebut akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Maka startegi guru sangat penting dalam menarik minat belajar siswa selama pembelajaran secara daring agar siswa tidak cepat merasa jenuh dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menarik minat belajar siswa selama pembelajaran daring. Jenis penelitian ini adalah fenomenologi yaitu mendeskripsikan pengalaman guru dalam menarik minat belajar siswa selama pembelajaran secara daring dilaksanakan. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara. Data pada penelitian ini adalah strategi guru dalam menarik minat belajar siswa selama pembelajaran daring. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru, siswa dan kepala sekolah SD Negeri 47/IV Kota Jambi Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 47/IV Kota Jambi. Pada bulan Januari-Februari 2021. Data dalam penelitian ini berupa deskripsi strategi guru dalam menarik minat belajar siswa kelas IV pada sistem belajar daring di sekolah dasar. Yang diperoleh melalui metode observasi dan wawancara sebagai data utama dan dokumentasi sebagai data penunjang. Dengan subjek penelitian guru kelas IV, siswa dan kepala sekolah SD Negeri 47/IV Kota Jambi. Kemudian dilakukan analisis data secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa guru kelas IV di SD Negeri 47/IV Kota Jambi mengajar dengan menggunakan 5 strategi dalam menarik minat belajar siswa pada pembelajaran secara daring. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa strategi yang digunakan guru dapat menarik minat belajar siswa pada pembelajaran daring, hal ini ditunjukan pada setiap indikator minat belajar sudah terlaksanakan dengan baik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: siska purnama
Date Deposited: 15 Jun 2021 06:32
Last Modified: 15 Jun 2021 06:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20591

Actions (login required)

View Item View Item