Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Termokimia Di Kelas XI MIA 1 SMAN 7 Kota Jambi

Marhamah, Siti and Dr.Drs.Harizon,M.Si, Dr.Drs.Harizon,M.Si and Drs.Affan Malik, M.E, Drs.Affan Malik, M.E (2020) Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Termokimia Di Kelas XI MIA 1 SMAN 7 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (170kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (261kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN EMA.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (656kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (646kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)

Abstract

Marhamah, Siti.2020.“Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Termokimia di Kelas XI MIA 1 SMAN 7 Kota Jambi”.Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing I:Dr. Drs Harizon, M.Si; Pembimbing II: Drs. Affan Malik, M.E Kata kunci: Termokimia, Kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Project Based Learning. Model pembelajaran mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satu alternatif yang dipandang mampu membantu siswa berperan aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran sehingga dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa khususnya pada materi termokimia adalah dengan menerapkan model Project Based Learning. Dari beberapa penelitian sebelumnya masih belum terlihat apakah pelaksanaan dari model terlaksana dengan baik, maka perlu diadakan analisis dari model Project Based Learning dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Project Based Learning pada materi termokimia, untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa pada materi termokimia dan untuk mengetahui pengaruh dari pelaksanaan model pembelajaran Project Based Learning dengan kemampuan berpikir kritis siswadi SMAN 7 Kota Jambi Jenis penelitian yang dilakukan yaitu deskriptif korelasional. Desain yang digunakan adalah Mix Method. Terdapat satu kelas yang digunakan sebagai sampel yaitu kelas XI MIA 1. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pada penelitian ini instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa dalam pelaksanaan model dan lembar tes berbentuk essai untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Hubungan yang akan dicari dari keterlaksanaan model dan kemampuan berpikir kritis siswa digunakan rumus korelasi product moment dari pearson yang selanjutnya dicari nilai koefsien determinasinya. Keterlaksanaan model Project Based Learning oleh guru dan siswa dikategorikan sedang, yang ditunjukan dengan peningkatan hasil presentasi keterlaksanaan model pembelajaran oleh siswa di setiap pertemuan. Pada pertemuan pertama sebesar 58,84 % dengan kategori cukup baik, pada pertemuan kedua sebesar 79,75% dengan kategori baik dan pada pertemuan ketiga sebesar 92,40% dengan kategori sangat baik.Dengan nilai rxy sebesar 0,6598 yang termasuk didalam kategori kuat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran Project Based Learning dikategorikan kuat dan berkorelasi dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Termokimia kelas XI MIA 1 SMAN 7 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SITI MARHAMAH
Date Deposited: 16 Jun 2021 06:35
Last Modified: 16 Jun 2021 06:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20621

Actions (login required)

View Item View Item