Suciani, Hikmah (2021) Efektivitas Video Matematika Dengan Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) Dalam Mendukung Kemampuan Literasi Numerasi pada Materi SPLDV Kelas VIII SMPN 22 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
0 COVER.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text
3 pengesahan.pdf Download (123kB) |
![]() |
Text
7 DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (373kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
bab 4.pdf Download (719kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (127kB) |
Abstract
ABSTRAK Suciani, Hikmah. 2021. Efektivitas Video Matematika Dengan Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam Mendukung Kemampuan Literasi Numerasi Pada Materi SPLDV Kelas VIII SMP N 22 Kota Jambi. Skripsi, S1 Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Jambi. Pembimbing: Sri Winarni, S.Pd., M.Pd dan Marlina, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Video Pembelajaran, PBL, Literasi Numerasi, SPLDV Perkembangan teknologi pada abad 21 mengharuskan bidang pendidikan untuk memanfaatkan penggunaan teknologi dalam pembelajaran, salah satunya menggunakan video pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Video Matematika Dengan Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam Mendukung Kemampuan Literasi Numerasi Pada Materi SPLDV Kelas VIII SMP N 22 Kota Jambi Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini adalah penelitian Quasi experimental design dengan desain posttes only control group design. Data penelitian di peroleh dari hasil posttest kemampuan literasi numerasi, wawancara siswa dan lembar observasi. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN N 22 Kota Jambi yang terdiri dari 7 kelas. Sampel diambil dengan menggunakan Cluster Random Sampling. Terpilih sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VIIIB dan kelas kontrol ialah kelas VIIIA. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keterlaksanaan, wawancara dan soal uraian untuk melihat kemampuan literasi numerasi. Hasil analisis data menggunakan uji-t pihak kanan menggunakan SPSS diperoleh 0,063>0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima pada taraf kepercayaan 95%. Sehingga disimpulkan bahwa kemampuan literasi numerasi pada pembelajaran menggunakan video pembelajaran berbasis PBL lebih mendukung kemampuan literasi numerasi dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan PBL tanpa video pembelajaran. Dengan nilai rata-rata posttest kemampuan literasi numerasi pembelajaran menggunakan video pembelajaran berbasis PBL sebesar 71,36 sedangkan nilai rata-rata posttest pembelajaran menggunakan model PBL sebesar 61,10.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Hikmah Suciani |
Date Deposited: | 17 Jun 2021 08:00 |
Last Modified: | 17 Jun 2021 08:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20666 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |