Pane, Kartini M. (2021) KAJIAN TENTANG PENYEBAB MISKONSEPSI SISWA SMA PADA MATERI BIOLOGI KELAS XI SEMESTER I. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (76kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan pembelajaran di SMA yaitu tercapainya konsep siswa terhadap konsep pelajaran, karena merupakan dasar dalam merumuskan prinsip prinsip biologi. Materi biologi dikenal dengan cakupan materi yang luas dan abstrak karena didalamnya terdapat konsep konsep tentang kehidupan. Materi dengan teks yang banyak dan abstrak dapat menyebabkan kesulitan bagi siswa dalam memahami materi, keadaan tersebut dapat menyebabkan terjadinya miskonsepsi pada siswa, yaitu kesalahan dalam menafsirkan konsep materi biologi. Materi biologi kelas XI terdiri dari Materi sel, Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan, struktur dan fungsi jaringan hewan, Sistem gerak, dan Sistem sirkulasi. Materi ini dibahas lebih mendalam di kelas XI dengan materi yang banyak, abstrak, serta memiliki istilah ilmiah, sehingga tidak menutup kemungkinan terjadinya miskonsepsi. terjadinya Miskonsepsi pada siswa dapat mempengaruhi proses dan hasil belajar siswa, sehingga perlu diketahui penyebab terjadinya miskonsepsi pada siswa agar dapat dilakukan suatu tindakan untuk mengatasi ataupun mengurangi miskonsepsi pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab miskonsepsi siswa SMA pada materi biologi kelas XI semester I. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Studi Pustaka (Library Research) dengan mengkaji hasil analisis penyebab miskonsepsi siswa dari berbagai literatur. Hasil yang diperoleh yaitu terjadinya miskonsepsi pada siswa disebabkan oleh faktor siswa itu sendiri, faktor guru yang mengajar, buku teks pegangan siswa dan guru, metode pembelajaran yang digunakan. Dari hasil penelitian ini disarankan agar dilakukan penelitian lanjutan dengan memvariasikan penelitian mengenai miskonsepsi siswa pada materi biologi dengan penelitian langsung ke siswa sehingga dapat dilakukan tindakan untuk mengatasi ataupun menghindari terjadinya miskonsepsi pada siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | KARTINI M PANE |
Date Deposited: | 16 Jun 2021 06:56 |
Last Modified: | 16 Jun 2021 06:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20706 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |