ANALISIS MUATAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA BUKU PEMBELAJARAN KELAS VI DAN STRATEGI GURU DALAM PENERAPANNYA

Asriyana, Asriyana (2021) ANALISIS MUATAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA BUKU PEMBELAJARAN KELAS VI DAN STRATEGI GURU DALAM PENERAPANNYA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (263kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (252kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (272kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter pada buku pembelajaran kelas VI dan strategi guru dalam menerapkan nilai-nilai karakter pada siswa dengan rumusan masalah: Apa saja nilai-nilai karakter yang terdapat pada buku pembelajaran kelas VI? dan Bagaimana strategi guru dalam menerapkan nilai-nilai karakter yang terdapat pada buku pembelajaran kelas VI di SDN 76/IX Mendalo Darat? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data yang diperlukan berupa teks deskripsi mengenai nilai-nilai karakter pada buku pembelajaran kelas VI dan strategi guru dalam menerapkan nilai-nilai karakter pada siswa, yang dikumpulkan dengan metode wawancara dari sumber data yaitu guru kelas VI SDN 76/IX Mendalo Darat dan dokumentasi. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa di dalam buku pembelajaran kelas VI terdapat 17 karakter yang terkandung didalamnya yaitu, karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli soaial, dan tanggungjawab. Nilai karakter dengan frekuensi kemunculan terbanyak di dalam buku pembelajaran kelas VI yaitu nilai karakter religius. Guru juga menggunakan 3 strategi dalam menerapkan nilai-nilai karakter yang terdapat di dalam buku pembelajaran kelas VI. Strategi tersebut yaitu, strategi pemberian nasehat, pembiasaan, dan keteladanan. strategi yang sering digunakan guru dalam menerapkan nilai-nilai karakter dalam buku pembelajaran kepada siswa yaitu strategi pembiasaan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Asriyana
Date Deposited: 17 Jun 2021 01:39
Last Modified: 17 Jun 2021 01:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20734

Actions (login required)

View Item View Item